Serangan Israel ke Iran Dianggap Gagal, Berikut 4 Alasannya

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 19:13 WIB
Serangan israel ke Iran dianggap gagal. Foto/Press TV
TEHERAN - Pengguna media sosial bereaksi terhadap agresi dini hari Israel terhadap Iran, mengejek skala serangan dan memuji kemampuan pertahanan udara Iran yang tangguh.

Pada Sabtu dini hari, pejabat Iran mengatakan bahwa suara yang terdengar di beberapa bagian Teheran disebabkan oleh aktivasi pertahanan udara Iran yang menargetkan "objek musuh di wilayah udara sekitar provinsi Teheran."

Media Israel berusaha membesar-besarkan signifikansi serangan itu, dengan membingkainya sebagai operasi yang berhasil.



Namun, pengguna di X menanggapi dengan sarkasme terhadap agresi Israel dan memuji pertahanan udara Iran yang kuat, yang secara efektif menggagalkan agresi Israel.

Serangan Israel ke Iran Dianggap Gagal, Berikut 4 Alasannya

1. Iran Memiliki Sistem Pertahanan Udara yang Kuat

Moshi, seorang jurnalis, memuji respons pertahanan udara Iran terhadap agresi Israel, dengan menyatakan, "Iran telah membuktikan bahwa ia memiliki pertahanan udara yang kuat." Analis geopolitik yang berbasis di AS Will Schryver menulis di X, meringkas agresi Israel dan respons pertahanan udara Iran. Dia mencatat bahwa meskipun Israel meluncurkan "banyak rudal... tidak ada laporan pasti atau bukti video (sejauh ini) tentang serangan besar terhadap target penting Iran mana pun."

"Berikut ini yang saya amati saat ini terkait serangan Israel terhadap Iran: Israel meluncurkan banyak rudal dengan semuanya dari jarak aman maksimum. Iran memasang banyak rudal pertahanan udara. Tidak ada laporan pasti atau bukti video (sejauh ini) tentang serangan rudal besar terhadap target penting Iran mana pun. Iran mengatakan mereka mencegat sebagian besar rudal penyerang, tetapi mengakui beberapa berhasil lolos. Semua penyedia #EmpirePropaganda mengklaim Israel menghancurkan pertahanan udara Iran dan menghancurkan target yang mereka tuju," ungkap Moshi, dilansir Press TV.

Kesan Moshi adalah, meskipun Israel mungkin mengenai sesuatu yang berarti dengan serangan ini, secara umum itu adalah demonstrasi betapa terbatasnya kemampuan serangan jarak jauh Israel sebenarnya -- dan betapa tangguhnya pertahanan udara Iran sekarang.

2. Tidak Ada Kerusakan yang Besar

Dan Cohen, jurnalis dan pembuat film yang berbasis di AS, menggarisbawahi “propaganda Israel” yang mencoba menjual “serangan (Israel) sebagai sebuah keberhasilan besar.”

“Serangan Israel terhadap Iran tampaknya gagal menyebabkan kerusakan yang signifikan, tetapi propaganda Israel sangat ingin menjual serangan itu sebagai sebuah keberhasilan besar. Pertunjukan yang menyedihkan ini adalah cara mereka mencoba menyelamatkan muka setelah mengalami kehancuran di Lebanon minggu ini.”
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More