3 Alasan Israel Akan Menyerang Iran secara Bertahap

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 22:10 WIB
Israel akan menyerang Iran secara bertahap. Foto/X/@VinayYa01
TEHARAN - Israel sudah melaksanakan serangan balas dendam kepada Iran. Tapi, serangan tersebut masih berskala kecil dan belum memiliki dampak serius bagi Teheran.

Ada indikasi bahwa serangan Israel tersebut akan terus berlanjut dalam beberapa tahap. Itu juga dikarenakan situasi dan kondisi Iran sedang lemah. Selain itu, kondisi di Timur Tengah juga dalam situasi yang memanas.

3 Alasan Israel Akan Menyerang Iran secara Bertahap

1. Iran dalam Makin Lemah jika Serangan Akan Dilanjutkan

Hassan Mneimneh, analis politik di Middle East Institute, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa meskipun serangan Israel terhadap Iran sudah diperkirakan, masih belum jelas seberapa besar serangan itu dan apakah akan ada serangan lebih lanjut.



"Saya pikir masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa ini adalah serangan. Kita mungkin akan melihat lebih banyak lagi," kata Mneimneh.

"Jelas, Netanyahu berkepentingan untuk mencari lebih banyak, bukan hanya demi citra, tetapi karena ini memang merupakan momen kesempatan baginya, sejalan dengan kenyataan bahwa pemerintahan Amerika benar-benar dalam kondisi terlemahnya saat ini," katanya.

AS, kata Mneimneh, "tidak menunjukkan tanda-tanda kekuatan apa pun selama setahun terakhir, dan telah mengikuti persis naskah yang diinginkan Netanyahu", tambahnya.

"Tetapi ini adalah momennya, jika benar-benar tujuannya adalah menyeret AS untuk berperang melawan Israel dengan Iran. Ini adalah momen untuk itu. Jadi saya akan sangat terkejut jika [serangan] ini benar-benar terjadi.”

2. Serangan Berikutnya Akan Lebih Dahsyat

Trita Parsi, wakil presiden eksekutif lembaga pemikir Quincy Institute for Responsible Statecraft, mengatakan gelombang serangan Israel terhadap Iran mengkhawatirkan dan dapat mengindikasikan bahwa yang terburuk belum terjadi.

“Saya pikir kita harus sedikit berhati-hati sekarang karena kita telah melihat dua fase dari serangan ini. Ada kemungkinan akan ada beberapa fase lagi,” kata Parsi kepada Al Jazeera.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More