3 Jenderal Iran Sudah Dibunuh Israel, Salah Satunya Bikin Ayatollah Khamenei Murka

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 14:58 WIB
Di antara yang tewas adalah Brigadir Jenderal Hojatollah Omidvar, yang juga dikenal sebagai Haj Sadegh dan Yousef Omidzadeh, yang menjabat sebagai kepala unit intelijen Pasukan Quds IRGC di Suriah.

Hojatollah Omidvar tewas pada 20 Januari 2024 dalam penggerebekan di sebuah bangunan tempat tinggal di lingkungan Al-Mazah di Damaskus. Menurut media pemerintah Iran, wakil Omidvar juga tewas dalam serangan itu.

Kematiannya terjadi kurang dari sebulan setelah Israel membunuh jenderal tinggi Iran lainnya, Razi Mousavi, di Damaskus, dan dua minggu setelah pembunuhan Saleh al-Arouri di Beirut.

2. Jenderal Mohammad Reza Zahedi



Dikutip dari Al Jazeera, Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi yang merupakan senior di IRGC Iran juga terbunuh oleh serangan Israel di Suriah pada 1 April 2024.

Dia terbunuh bersama enam orang lainnya, termasuk seorang jenderal Iran lainnya; Mohammad Hadi Haji Rahimi.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan Teheran membuat Israel “menyesali” serangan udara ke Suriah.

Mohammad Reza Zahedi diketahui telah bergabung dengan IRGC sejak berusia 19 tahun. Setidaknya sejak 2008, Zahedi terlibat aktif dalam upaya memperluas pengaruh Iran.

Dia memimpin operasi di Suriah dan Lebanon, dua negara tempat pengaruh politik, agama, dan militer Iran berkembang pesat dalam beberapa dekade sejak revolusi Islamnya.

Zahedi adalah komandan militer Iran berpangkat tertinggi yang terbunuh sejak Mayor Jenderal Qassem Soleimani, kepala Pasukan Quds yang dibunuh oleh Amerika Serikat dalam serangan pesawat tak berawak di Irak pada Januari 2020.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More