4 Tudingan Putra Lee Kuan Yew Sebut Singapura Bukan Surga, dari Pemerintahan Represif hingga Pencucian Uang Kotor

Rabu, 23 Oktober 2024 - 19:03 WIB
Lee Hsien Yang memilih menjadi pencari suaka di Inggris padahal dia merupakan anak dari pendiri Singapura. Foto/Guardian
SINGAPURA - Seorang anggota keluarga Lee Kuan Yew yang telah mendominasi Singapura sejak kemerdekaan, Lee Hsien Yang, telah diberikan suaka di Inggris setelah melarikan diri dari apa yang disebutnya sebagai kampanye penganiayaan.

Dalam wawancara eksklusif, Lee Hsien Yang mengatakan kepada Guardian bahwa rezim otoriter yang didirikan oleh ayahnya berbalik melawannya saat ia mendukung oposisi setelah keretakan keluarga.

4 Tudingan Putra Lee Kuan Yew Sebut Singapura Bukan Surga, dari Pemerintahan Represif hingga Pencucian Uang Kotor

1. Pemerintahan yang Represif

"Meskipun kemakmuran ekonomi Singapura sangat maju, ada sisi gelapnya, yaitu pemerintahnya represif," katanya. "Apa yang orang pikirkan, bahwa ini adalah semacam surga – bukan."



Di bawah pemerintahan saudaranya, yang menjabat sebagai perdana menteri selama 20 tahun hingga Mei, Lee Hsien Yang mengklaim bahwa pihak berwenang menggunakan apa yang disebutnya tuduhan tak berdasar terhadap dirinya, istrinya, dan putranya untuk mengajukan serangkaian tindakan hukum. Hal ini "meningkat hingga ke titik di mana saya percaya demi keselamatan pribadi saya sendiri, saya tidak boleh terus tinggal di Singapura".

2. Tidak Menoleransi Perbedaan

Dalam sistem yang tidak menoleransi perbedaan pendapat, elit penguasa yang membanggakan reputasinya akan kejujuran jarang dikecam secara menyeluruh – terutama oleh salah satu dari mereka sendiri.

Sistem keuangan Singapura dalam beberapa tahun terakhir telah berulang kali berperan dalam skandal korupsi internasional. Lee Hsien Yang berkata: "Orang-orang perlu melihat lebih jauh dari pernyataan Singapura yang berani dan salah dan melihat seperti apa kenyataannya."



3. Singapura sebagai Fasilitas Perdagangan Senjata, Uang Kotor, dan Narkoba

Ia menambahkan: "Dunia perlu melihat lebih dekat, untuk melihat peran Singapura sebagai fasilitator utama perdagangan senjata, uang kotor, uang narkoba, uang kripto."

Seorang juru bicara pemerintah Singapura mengatakan negara itu memiliki "sistem yang kuat untuk mencegah dan menangani pencucian uang dan aliran keuangan gelap lainnya", mengacu pada peringkatnya yang baik dalam indeks persepsi korupsi Transparency International, jauh di atas Inggris.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More