Mengenal Apa Itu Bom Fosfor Putih yang Digunakan Israel untuk Menyerang Pasukan PBB di Lebanon

Rabu, 23 Oktober 2024 - 13:44 WIB
Israel menembakkan bom fosfor putih di Gaza pada 11 Oktober 2023. Foto/anadolu
BEIRUT - Laporan terbaru mengungkap militer Israel menggunakan bom fosfor putih untuk menyerang pasukan PBB di Lebanon (UNIFIL) hingga 15 prajurit terluka.

Lantas apakah bom fosfor putih yang sangat berbahaya itu?

Human Rights Watch (HRW) sejak Oktober 2023 meluncurkan laporan yang mengatakan militer Israel menggunakan amunisi fosfor putih di Lebanon dan Gaza.



Berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang zat kimia berbahaya tersebut:

Apa yang Dilaporkan HRW?



Kelompok hak asasi manusia tersebut mengatakan mereka telah memverifikasi penggunaan amunisi fosfor putih oleh Israel melalui wawancara dan video yang menunjukkan zat kimia tersebut ditembakkan di dua lokasi di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon dan di atas pelabuhan Kota Gaza.

"Fosfor putih secara tidak sah digunakan tanpa pandang bulu ketika ditembakkan di daerah perkotaan yang padat penduduk, di mana ia dapat membakar rumah-rumah dan menyebabkan kerusakan parah pada warga sipil," ungkap Lama Fakih, direktur HRW untuk Timur Tengah dan Afrika Utara.

Dalam penyangkalan yang jelas terhadap laporan HRW, militer Israel mengatakan mereka tidak menggunakan fosfor putih dalam perang Gaza.

"Tuduhan saat ini yang dibuat terhadap IDF (Pasukan Pertahanan Israel) mengenai penggunaan fosfor putih di Gaza sama sekali tidak benar," ujar militer Israel.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More