Yahya Sinwar Menginspirasi Dunia Bak Prajurit Samurai, Patahkan Propaganda Israel

Selasa, 22 Oktober 2024 - 10:04 WIB
Perlawanan heroik pemimpin Hamas Yahya Sinwar terhadap Israel untuk terakhir kalinya telah menginspirasi karya seni seluruh dunia. Salah satunya, dia dipuji koran Jepang bak prajurit samurai. Foto/X @AbdullahOyow
GAZA - Momen-momen terakhir pemimpin Hamas Yahya Sinwar, saat diserang pasukan Israel di Gaza, telah menginspirasi karya seni di seluruh dunia.

Salah satunya surat kabar Jepang yang menerbitkan ilustrasi Yahya Sinwar sebagai seorang prajurit Samurai.

Rekaman drone yang dirilis oleh militer Israel minggu lalu menunjukkan Sinwar, yang lengan bawahnya remuk, dengan heroik melemparkan sepotong kayu ke drone Israel yang melayang di atasnya sebelum dia dibunuh oleh pasukan Israel pada 16 Oktober di Jalur Gaza selatan.



Dia mengenakan pakaian militer, keffiyeh, dan membawa pistol saat melawan tentara Israel di saat-saat terakhirnya, berbeda dengan informasi yang disebarkan oleh Israel bahwa dia tinggal di bawah tanah dengan dikelilingi oleh sandera Israel sebagai perisai manusia.



Sinwar diangkat menjadi pemimpin Hamas setelah pembunuhan pendahulunya, Ismail Haniyeh, di Teheran pada bulan Juli.

Sinar telah menjadi musuh nomor 1 Israel setelah perannya dalam mengarahkan serangan kelompok itu pada 7 Oktober di Israel selatan yang dikenal sebagai Operasi Badai al-Aqsa.

Hidupnya diselimuti misteri selama bertahun-tahun, meskipun menghabiskan lebih dari dua dekade di penjara Israel, di mana dia belajar bahasa Ibrani dengan lancar, dan memegang jabatan militer tinggi di Hamas.

Situs media sosial dibanjiri ilustrasi dan foto-foto lama Sinwar setelah pembunuhannya.

Satu gambar menggambarkannya sebagai seorang prajurit Samurai Jepang, dengan pedang di tangan dan mengenakan pakaian hijau dan hitam.

"Saat-saat terakhir Sinwar saat masih melawan musuh, duduk di sofa bergaya tahun 1950-an di sebuah rumah yang hancur, kepalanya berdarah, lengan kanannya putus, dan salah satu jari kirinya juga akan menjadi ikon seperti foto Che Guevara untuk generasi mendatang," tulis seorang pengguna media sosial di X, seperti dikutip The New Arab, Selasa (22/10/2024).

Gambar Sinwar lainnya telah menjadi viral, merujuk pada foto sebelumnya Sinwar yang duduk di kursi berlengan di tengah reruntuhan rumah yang dibom oleh Israel, yang menunjukkan bahwa dia tidak terpengaruh oleh serangan itu, di samping gambar terakhir Sinwar yang serupa saat dia terbunuh.

Sebuah keterangan berbunyi: "Bahkan di saat-saat terakhirnya hidup, para pemukim tidak dapat membuat Yahya Sinwar beranjak dari kursinya. Kemuliaan bagi para martir."

Gambar lain yang dibagikan secara luas menunjukkan kursi berlengan tempat dia terbunuh dengan pistol di atas kursi. Yang lain membagikan ulang gambar Sinwar sebagai patung, menggambarkannya sebagai "legenda abadi".

Beberapa komentator mengatakan dengan melemparkan semua yang ada di tangannya, sebuah tongkat, Sinwar telah mencerminkan kata-kata penyair Gaza yang terbunuh, Refaat Al-Areer: "Saya seorang akademisi, mungkin benda terberat yang saya miliki di rumah adalah spidol EXPO, tetapi jika Israel menyerbu rumah saya untuk membantai kami, saya akan menggunakan spidol itu untuk melemparkannya seperti tentara Israel, meskipun itu adalah hal terakhir yang dapat saya lakukan."

"Sinwar tewas di garis depan dengan senjata di tangan setelah bertahun-tahun difitnah sebagai pengecut borjuis yang menikmati gaya hidup mewah secara rahasia adalah tragis, tetapi mungkin merupakan representasi simbolis yang paling gamblang dari asimetri moral dalam perang yang mengerikan ini," tulis pengguna X lainnya.

Menurut berbagai laporan pada hari Senin, Sinwar menolak tawaran yang akan memungkinkannya melarikan diri dari Gaza dengan imbalan Mesir mengambil alih negosiasi gencatan senjata atas nama Hamas.

The Wall Street Journal melaporkan bahwa dia ditawari untuk diizinkan melarikan diri ke Mesir, mengutip sumber di Amerika Serikat dan Hamas, tetapi dia menolaknya.

Media Israel Dikecam karena Propaganda



Sejak pembunuhan Sinwar, media Israel telah menuai kritik luas karena "menyebarkan propaganda" termasuk klaim bahwa istri Sinwar terlihat di sebuah terowongan di Gaza sambil membawa tas tangan Hermes Birkin yang mewah.

Rekaman yang dibagikan menunjukkan istri Sinwar membawa tas tangan hitam dengan perangkat keras perak, yang tidak mirip dengan tas Hermes seharga USD32.000, yang sangat sulit dibeli karena ketersediaannya yang terbatas dan pelanggan harus membangun riwayat pembelian yang panjang dengan merek tersebut sebelum mereka diberi pilihan untuk membeli barang tersebut.

Tas dalam rekaman tersebut tidak memiliki bagian atas yang melengkung atau kunci yang membedakan tas Birkin dan malah memiliki lipatan dalam yang terlihat di bagian samping.

Komentator Israel membagikan ulang rekaman tersebut, menuduhnya sebagai "contoh pemimpin Hamas menjadi kaya dengan mengorbankan warga Palestina" dan untuk apa "sumbangan tersebut digunakan".

Namun, rumor tersebut dengan cepat dibantah oleh pengguna media sosial, yang mengatakan tidak ada bukti bahwa tas tersebut asli dan klaim tersebut sama sekali tidak berdasar.
(mas)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More