Yahya Sinwar Menginspirasi Dunia Bak Prajurit Samurai, Patahkan Propaganda Israel

Selasa, 22 Oktober 2024 - 10:04 WIB
Perlawanan heroik pemimpin Hamas Yahya Sinwar terhadap Israel untuk terakhir kalinya telah menginspirasi karya seni seluruh dunia. Salah satunya, dia dipuji koran Jepang bak prajurit samurai. Foto/X @AbdullahOyow
GAZA - Momen-momen terakhir pemimpin Hamas Yahya Sinwar, saat diserang pasukan Israel di Gaza, telah menginspirasi karya seni di seluruh dunia.

Salah satunya surat kabar Jepang yang menerbitkan ilustrasi Yahya Sinwar sebagai seorang prajurit Samurai.

Rekaman drone yang dirilis oleh militer Israel minggu lalu menunjukkan Sinwar, yang lengan bawahnya remuk, dengan heroik melemparkan sepotong kayu ke drone Israel yang melayang di atasnya sebelum dia dibunuh oleh pasukan Israel pada 16 Oktober di Jalur Gaza selatan.



Dia mengenakan pakaian militer, keffiyeh, dan membawa pistol saat melawan tentara Israel di saat-saat terakhirnya, berbeda dengan informasi yang disebarkan oleh Israel bahwa dia tinggal di bawah tanah dengan dikelilingi oleh sandera Israel sebagai perisai manusia.



Sinwar diangkat menjadi pemimpin Hamas setelah pembunuhan pendahulunya, Ismail Haniyeh, di Teheran pada bulan Juli.

Sinar telah menjadi musuh nomor 1 Israel setelah perannya dalam mengarahkan serangan kelompok itu pada 7 Oktober di Israel selatan yang dikenal sebagai Operasi Badai al-Aqsa.

Hidupnya diselimuti misteri selama bertahun-tahun, meskipun menghabiskan lebih dari dua dekade di penjara Israel, di mana dia belajar bahasa Ibrani dengan lancar, dan memegang jabatan militer tinggi di Hamas.

Situs media sosial dibanjiri ilustrasi dan foto-foto lama Sinwar setelah pembunuhannya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More