Media Jerman: Ukraina Klaim Mampu Bikin Bom Nuklir dalam Beberapa Minggu

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 08:28 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) konferensi pers bersama Sekjen NATO Mark Rutte. Media Jerman, Bild, sebut Ukraina mengeklaim mampu membuat bom nuklir. Foto/X @ZelenskyyUa
KYIV - Ukraina memiliki kemampuan untuk membuat bom nuklir dalam beberapa minggu. Demikian klaim pejabat tinggi Kyiv yang dikutip media Jerman, Bild.

Laporan tersebut muncul setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyinggung kemungkinan negaranya memiliki senjata nuklir selama kunjungan ke Brussels pada hari Kamis.

Zelensky mengeklaim negaranya membutuhkan senjata nuklir atau menjadi anggota NATO.



Zelensky saat ini sedang mempromosikan "rencana kemenangannya" kepada negara-negara Barat pendukung Ukraina, yang menurutnya dapat mengakhiri perang dengan Rusia.



Mengutip laporan Bild, Jumat (18/10/2024), seorang pejabat tinggi Ukraina yang terlibat dalam pengadaan senjata mengeklaim beberapa bulan lalu bahwa Kyiv bersedia menggunakan senjata nuklir.

"Kami memiliki materi, kami memiliki pengetahuan. Jika perintah itu diberikan, kami hanya perlu beberapa minggu untuk memiliki bom pertama," kata pejabat tinggi Ukraina yang tidak disebutkan namanya tersebut.

"Barat seharusnya tidak terlalu memikirkan garis merah Rusia dan lebih memikirkan garis merah kami," ujarnya.

Penasihat Zelensky, Dmitry Litvin, membantah laporan Bild.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More