8 Fakta Tentara Korea Utara Bergabung dalam Perang Rusia di Ukraina

Kamis, 17 Oktober 2024 - 19:14 WIB

6. Tentara Korea Utara Tidak Cocok Berperang di Ukraina

Korea Utara mungkin memiliki sekitar 1,28 juta tentara aktif tetapi tentaranya tidak memiliki pengalaman operasi tempur terkini, tidak seperti militer Rusia.

Pyongyang telah menerapkan model Soviet lama dalam angkatan bersenjatanya tetapi tidak jelas bagaimana pasukan utamanya yang terdiri dari unit infanteri bermotor dapat cocok untuk perang di Ukraina.

Kemudian ada kendala bahasa yang jelas dan ketidaktahuan dengan sistem Rusia yang akan mempersulit peran tempur apa pun.

Itu tidak menghalangi militer Korea Utara untuk ikut serta dalam perang skala penuh Rusia di Ukraina, tetapi mereka paling dikenal oleh para ahli karena kemampuan teknik dan konstruksi mereka, bukan karena pertempuran.



7. Korea Utara Butuh Uang dan Teknologi

Yang mereka berdua miliki adalah insentif bersama.

Pyongyang butuh uang dan teknologi, Moskow butuh tentara dan amunisi.

“Pyongyang akan dibayar dengan baik dan mungkin mendapat akses ke teknologi militer Rusia, yang jika tidak Moskow akan enggan untuk mentransfernya ke Korea Utara,” kata Andrei Lankov, direktur Korea Risk Group.

“Itu juga akan memberi tentara mereka pengalaman tempur yang nyata, tetapi ada juga risiko mengekspos warga Korea Utara pada kehidupan di Barat, yang merupakan tempat yang jauh lebih makmur.”

Bagi Putin, ada kebutuhan mendesak untuk mengganti kerugian yang signifikan selama lebih dari dua setengah tahun perang.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More