Bos Intelijen Jerman: Putin Tuntut Tatanan Dunia Baru, Konflik dengan NATO Jadi Pilihan

Selasa, 15 Oktober 2024 - 10:55 WIB
Bos BND Jerman Bruno Kahl sebut tujuan akhir Presiden Rusia Vladimir Putin adalah memecah belah NATO untuk mewujudkan tatanan dunia baru. Foto/Sergei Guneyev/Sputnik
BERLIN - Kepala Dinas Intelijen Luar Negeri Jerman (BND) Bruno Kahl mengatakan tujuan akhir Presiden Rusia Vladimir Putin memecah belah NATO untuk mewujudkan tatanan dunia baru.

Kahl mengatakan kepada anggota Parlemen di Bundestag pada hari Senin bahwa Rusia telah melampaui negara-negara Eropa dalam hal pengeluaran militer selama perangnya dengan Ukraina.

"Putin akan terus menguji garis merah Barat dan semakin meningkatkan konfrontasi,” kata Kahl.



"Konfrontasi militer langsung dengan NATO telah menjadi pilihan bagi Moskow,” katanya lagi.



Bulan lalu, Putin memerintahkan revisi doktrin nuklir Rusia sebagai respons terhadap potensi eskalasi yang berasal dari bantuan militer Amerika Serikat ke Ukraina, yang sudah dipandang Moskow sebagai partisipasi langsung NATO dalam konflik tersebut.

Perintah revisi tersebut muncul saat Kyiv terus menekan negara-negara Barat untuk memberikan lampu hijau penggunaan senjata yang dipasok Barat untuk serangan jauh di dalam wilayah Rusia.

Kahl juga mengeklaim bahwa tujuan akhir Putin adalah untuk mengusir AS keluar dari Eropa dan mengembalikan NATO ke perbatasannya pada akhir tahun 1990-an.

"Moskow berupaya membentuk lingkup pengaruh Rusia dan membangun tatanan dunia baru," katanya, seperti dikutip Russia Today, Selasa (15/10/2024).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More