7 Alasan Para Pemimpin Dunia Kerap Menggaungkan Perang Dunia III

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 21:10 WIB
Perang Israel dan Hamas disebut menjadi salah satu pemicu pemimpin dunia menggaungkan perang dunia III. Foto/IDF
WASHINGTON - Belum lama ini, beberapa warga Amerika khawatir Presiden Donald Trump yang tidak berpengalaman dan mudah berubah akan memulai Perang Dunia III . Sekarang, ia mendasarkan upayanya untuk menghindarinya.

Dalam email penggalangan dana baru-baru ini, Trump mengeluh, "sungguh menyakitkan hati saya melihat Joe yang Jahat—presiden terlemah dan paling tidak kompeten dalam sejarah—menghancurkan negara kita saat ia mendorong Amerika ke ambang Perang Dunia III." Di jalur kampanye, ia membanggakan bahwa ia adalah "satu-satunya yang akan mencegah Perang Dunia III."

7Alasan Para Pemimpin Dunia Kerap Menggaungkan Perang Dunia III

1. Perang Berkecamuk di Timur Tengah dan Eropa

Di tengah perang yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina serta Israel dan Hamas, ketakutan tentang prospek perang dunia lainnya meningkat, dan Trump hanyalah salah satu tokoh politik yang menggunakan bahasa gelap seperti itu. Di kiri, kanan, dan bahkan di dalam Gedung Putih, momok konflik global yang tidak terlihat selama hampir 80 tahun terbukti menjadi alat retorika yang berguna, meskipun itu adalah perbandingan yang menurut para sejarawan tidak tepat untuk saat ini.



"Ini adalah bahasa, menurut saya, yang berkembang jauh melampaui kapasitas realitas untuk mempertahankannya," kata Jay Winter, seorang sejarawan perang abad ke-20 dan profesor emeritus di Yale, dilansir Time.

2. Dunia di Tahap Awal Perang Dunia III

Sebuah survei yang dilakukan oleh American Psychological Association segera setelah Rusia menginvasi Ukraina tahun lalu menemukan bahwa hampir 7 dari 10 orang Amerika takut "bahwa kita berada di tahap awal Perang Dunia III," sebuah sentimen yang didorong oleh sekutu Presiden Rusia Vladimir Putin.

Organisasi tersebut tidak mengajukan pertanyaan itu sejak saat itu, tetapi pecahnya perang di Timur Tengah tampaknya meningkatkan ketakutan itu lagi; dalam wawancara dengan The Hill bulan ini, Senator Demokrat Tim Kaine dari Virginia berkata, "Saya harus menjawab pertanyaan dari orang-orang yang tidak pernah saya jawab selama 30 tahun kehidupan publik, yaitu: Mungkinkah ini Perang Dunia III?"

Baca Juga: Menguji Keberanian Israel Menyerang Iran

3. Takut dengan Masa Lalu

Trump tidak sendirian dalam memanfaatkan ketakutan tersebut. Pengusaha bioteknologi Vivek Ramaswamy, pesaing dari Partai Republik yang paling dekat dengan mantan Presiden tersebut, mengadakan "unjuk rasa Hentikan Perang Dunia III" di Miami bulan ini. Sehari kemudian, Gubernur New Jersey Chris Christie juga menyerukan perang dunia pada negara bagian yang menjadi peserta debat ketiga.

"Mari kita ingat saat terakhir kali kita mengabaikan perang yang terjadi di Eropa. Itu hanya memberi kita waktu beberapa tahun," katanya di atas panggung. "Dan kemudian 500.000 orang Amerika tewas di Eropa untuk mengalahkan Hitler."
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More