Terungkap, AS Bergegas Desak Putin agar Tak Mengebom Nuklir Ukraina

Kamis, 10 Oktober 2024 - 07:24 WIB
Biden juga menghubungi Putin secara langsung melalui pesan, memperingatkan tentang "konsekuensi bencana" jika Rusia menggunakan senjata nuklir.

Buku terbaru jurnalis "Watergate" yang terkenal itu juga merinci percakapan Donald Trump dengan Putin sejak meninggalkan jabatannya, rasa frustrasi Biden terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan banyak lagi. AP memperoleh salinan awal buku Woodward, yang akan terbit minggu depan.

Buku tersebut memberikan rincian menarik tentang penilaian AS terhadap kemungkinan Putin mengerahkan senjata nuklir, tetapi kekhawatiran pemerintahan Biden bahwa Rusia mungkin menggunakan senjata nuklir taktis di Ukraina bukanlah rahasia. Dari presiden hingga ke bawah, banyak pejabat AS memperingatkan Putin agar tidak melakukannya.

Putin dan tokoh Kremlin lainnya juga sering mengancam Barat dengan persenjataan nuklir Rusia. Dalam peringatan baru yang kuat kepada Barat akhir bulan lalu, Putin mengatakan serangan konvensional negara mana pun terhadap Rusia yang didukung oleh kekuatan nuklir akan dianggap sebagai serangan bersama terhadap negaranya.

Ancaman tersebut ditujukan untuk mencegah Barat mengizinkan Ukraina menyerang jauh ke dalam Rusia dengan senjata jarak jauh dan tampaknya secara signifikan menurunkan ambang batas kemungkinan penggunaan persenjataan nuklir Rusia.

Biden telah menunda mengizinkan Ukraina untuk menyerang target militer lebih dalam di dalam Rusia dengan rudal yang disediakan AS karena khawatir akan meningkatkan perang, bahkan ketika Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memohon izin.

Dalam percakapan panas lainnya yang dipaparkan dalam buku Woodward, Menteri Pertahanan Lloyd Austin berhadapan dengan lawan bicaranya dari Rusia, Sergei Shoigu, pada Oktober 2022.

“Kami tahu Anda sedang mempertimbangkan penggunaan senjata nuklir taktis di Ukraina,” kata Austin, menurut buku Woodward.

“Setiap penggunaan senjata nuklir dalam skala apa pun terhadap siapa pun akan dilihat oleh Amerika Serikat dan dunia sebagai peristiwa yang mengubah dunia. Tidak ada skala senjata nuklir yang dapat kita abaikan atau yang dapat diabaikan oleh dunia.”

Saat Shoigu mendengarkan, Austin terus mendesak, mencatat bahwa AS tidak memberikan senjata tertentu kepada Ukraina dan telah membatasi penggunaan beberapa senjata yang telah disediakannya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More