Pasukan PBB di Lebanon Waspada Militer Israel Bangun Pangkalan di Dekatnya

Rabu, 09 Oktober 2024 - 07:45 WIB
Analis politik Lebanon Ali Rizk mengatakan kepada Middle East Eye bahwa peran utama Unifil adalah memantau pelanggaran oleh Israel atau Hizbullah dan mengganggu aktivitasnya dapat membuat pelanggaran lebih umum terjadi.

"Israel telah menunjukkan ketidakpedulian yang mencolok terhadap organisasi PBB secara keseluruhan dan keberadaan pasukan ini di sana atau tidak tidak akan membuat banyak perbedaan dalam hal operasi Israel yang menargetkan warga sipil," ujar dia.

Dia menekankan, "Namun, penarikan pasukan ini dapat mendorong Israel untuk lebih meningkatkan operasi mereka karena tidak akan ada pengawasan."

Pangkalan Israel



Gambar yang diperoleh penyiar negara Irlandia RTE, yang menurut militer Irlandia tidak dapat dipublikasikan karena alasan keamanan, menunjukkan sekitar 20 buah peralatan militer Israel, termasuk tank dan kendaraan lapis baja, yang ditempatkan tepat di sebelah pos PBB.

Pasukan Irlandia yang ditempatkan di 6-52 ditempatkan di pangkalan yang lebih besar, Kamp Shamrock, sekitar tujuh kilometer jauhnya, yang juga mengawasi kamp 6-50, yang diawaki kontingen Polandia.

Pada Minggu, Israel menggempur desa Yaroun, dekat Bint Jbeil. Rekaman menunjukkan area tersebut, yang menurut Israel berisi infrastruktur pejuang, sebagian besar hancur menjadi puing-puing, termasuk Masjid Al-Imam Ali ibn Abi Taleb.

Yaroun terletak hanya dua kilometer dari kamp 6-50, yang berada di satu bukit di sepanjang Garis Biru, kuasi-perbatasan yang memisahkan Lebanon dari Israel, dan memiliki garis pandang ke barat, selatan, dan timur kota, menurut RTE.

"Akan menjadi perkembangan yang sangat berbahaya bagi Unifil untuk dipaksa keluar dari Lebanon selatan," papar David Wood, analis Lebanon di International Crisis Group.

Dia menjelaskan, "Meskipun sebagian besar penduduk telah dievakuasi, kehadiran Unifil yang berkelanjutan berpotensi memiliki pengaruh yang menenangkan bagi kedua belah pihak, membantu mengurangi kekerasan dan kehancuran di area tersebut."
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More