10 Negara Diprediksi Terseret Perang Dunia III, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 14:21 WIB

3. China



Medan Potensi Perang:

-Selat Taiwan: China berpotensi perang dengan AS dan negara-negara lain yang mendukung Taiwan jika Beijing menginvasi Taipei. Mengingat China dan AS sebagai negara kekuatan nullir, potensi perang atom juga tak terhindarkan.

-Laut China Selatan: China lagi-lagi berpotensi perang dengan AS yang akan membela Filipina jika Beijing dan Manila berperang terkait sengketa wilayah di Laut China Selatan.

"Jika China melanjutkan kebijakan agresifnya di Taiwan, kita mungkin akan melihat keterlibatan besar dari AS dan sekutunya," kata Profesor Li Wei, pakar hubungan internasional, sebagaimana dikutip dari Asian Politics Journal.

4. Korea Utara



Medan Potensi Perang:

-Semenanjung Korea: Korea Utara berpotensi perang dengan AS dan sekutunya jika Pyongyang menyerang Korea Selatan menggunakan senjata nuklir. Sebaliknya, Korea Utara kemungkinan juga didukung Rusia dan China.

"Korea Utara memiliki potensi untuk memicu konflik berskala besar yang melibatkan banyak negara, terutama jika mereka melakukan provokasi yang salah," kata analis pertahanan Jennifer Chang dalam analisanya di Global Security Studies.

5. Korea Selatan

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More