Israel Seenaknya Bombardir Beirut dan Bantai 720 Orang, Mengapa Militer Lebanon Diam Saja?

Minggu, 29 September 2024 - 10:05 WIB
Israel bombardir Beirut dan bantai 720 orang dengan dalih memerangi Hizbullah, namun militer Lebanon diam saja. Foto/IDF/Sky News
BEIRUT - Ketidakhadiran militer Lebanon telah menjadi sorotan media internasional ketika Israel leluasa membombardir Beirut dan sekitarnya dengan dalih memerangi kelompok Hizbullah.

Data Kementerian Kesehatan Lebanon menyebutkan lebih dari 720 orang telah tewas selama agresi udara Zionis sepekan terakhir.

Ketika konflik antara Israel dan Hizbullah di Lebanon terus bergerak menuju perang langsung, media-media global bertanya apakah Lebanon memiliki tentara dan mengapa tidak terlihat?



Namun, ternyata peran dan areanya dalam konflik tersebut jauh lebih rumit daripada yang mungkin dipikirkan banyak orang.

Khalil Helou, jenderal Angkatan Darat Lebanon yang sedang cuti yang juga profesor geopolitik di St Joseph University of Beirut, mengatakan kepada Euronews bahwa peran tentara Lebanon di Lebanon bukan hanya untuk mempertahankan perbatasan negara.



"Ini bukan tentara klasik seperti tentara Barat. Tentara Lebanon tunduk pada instruksi pemerintah Lebanon," katanya.

"Untuk saat ini, dan untuk waktu yang lama, telah terjadi perpecahan yang ekstrem. Tentara dibiarkan sendiri. Sekarang siapa pun yang memimpin Angkatan Darat, siapa pun yang menjadi Panglima Tertinggi Angkatan Darat, mereka harus mengambil keputusan yang mereka anggap tepat,” paparnya.

Pimpinan Lebanon memiliki beberapa masalah penting yang harus dipertimbangkan—yang semuanya memiliki konsekuensi serius.

Jika tentara Israel mengubah serangan udara saat ini menjadi operasi darat seperti yang dilakukan pada tahun 2006, dan kekerasan meluas dari Lebanon selatan dan Lembah Bekka ke seluruh negeri, seluruh Timur Tengah akan terancam.

Lebanon Selatan dan Lembah Bekka seharusnya berada di bawah naungan hukum Resolusi Dewan Keamanan PBB 1701.

Resolusi ini menetapkan pembentukan pasukan penjaga perdamaian PBB, UNIFIL, di selatan Lebanon. Resolusi ini juga memberikan peran aktif kepada tentara reguler Lebanon, dan menyerukan kepada Pemerintah Lebanon dan UNIFIL untuk mengerahkan pasukan mereka bersama-sama sehingga tidak akan ada senjata tanpa persetujuan Pemerintah Lebanon dan tidak ada otoritas lain selain Pemerintah Lebanon setelah penarikan Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Jika terjadi serangan militer besar, Angkatan Bersenjata Lebanon akan menghadapi dilema: menghadapi tentara Israel atau melucuti senjata Hizbullah dengan paksa, dengan mematuhi resolusi PBB dalam kedua kasus.

Keseimbangan Kekuatan yang Rapuh dan Tetangga Tidak Bersahabat



Antara tahun 1975 hingga 1990, Lebanon dilanda perang saudara, dan menjadi arena bermain militer bagi para aktor regional dan negara-negara besar.

Rezim politik negara saat ini merupakan keseimbangan yang rapuh antara perwakilan dari berbagai komunitas agama, dan tentara secara konstitusional berada di bawah lembaga-lembaga politik yang anggotanya memiliki pandangan yang saling bertentangan tentang krisis yang sedang berlangsung.

"Jika terjadi serangan darat, unit-unit yang ditempatkan di selatan harus mempertahankan diri dan harus mempertahankan wilayah Lebanon dengan sarana yang mereka miliki," jelas Helou.

"Namun pada dasarnya, misi brigade yang ditempatkan di Selatan adalah bekerja sama dengan UNIFIL dan bukan dengan penggunaan kekuatan. Jadi, ini bukan pasukan penyerang, ini bukan pasukan yang akan menentang Israel. Keseimbangan kekuatan sama sekali tidak berpihak pada kita dalam kasus ini,” paparnya.

Menurut Resolusi 1701, Hizbullah seharusnya menarik kelompok bersenjatanya keluar dari Lebanon Selatan, dan khususnya sistem misilnya yang mampu menargetkan Israel—namun Hizbullah tidak mematuhi komitmen tersebut.

Hizbullah secara formal pertama-tama adalah kekuatan politik Lebanon yang sah dan konstitusional yang sebagian besar terdiri dari Muslim Syiah Lebanon. Angkatan bersenjatanya beroperasi sebagai kontingen yang sangat operasional yang asing bagi struktur komando tentara Lebanon sebagai proksi Iran.

Ketika Hizbullah mengambil inisiatif sepihak untuk menargetkan Israel, kekuatan politik Lebanon lainnya dan tentaranya lumpuh total.

Banyak orang Lebanon dari berbagai aliran tidak akan melihat kekalahan Hizbullah sebagai masalah besar, mereka dapat dengan mudah menerimanya sebagai bagian penting dari tentara Lebanon. Namun, di Lebanon semua orang tahu bahwa ada garis merah antar-komunitas yang tidak dapat dilanggar.

"Menghadapi Hizbullah adalah resep langsung dan otomatis untuk perang saudara. Dan komando militer tahu bahwa prioritas utama adalah stabilitas internal terlebih dahulu daripada perang yang dapat berlarut-larut antara tentara itu sendiri dan Hizbullah," kata Helou.

Hubungan antara Hizbullah dan struktur keamanan Lebanon juga ditandai oleh beberapa momen konstruktif kerja sama yang krusial.

"Kita hanya perlu memikirkan kolaborasi antara Hizbullah dan Angkatan Darat Lebanon selama periode ekspansi maksimum ISIS di Suriah dan Irak, ketika elemen-elemen yang terkait dengan kelompok ISIS dan Al-Nusra hadir dan beroperasi di Lebanon sendiri dalam hal persiapan, pelatihan, dan perekrutan," kata Claudio Bortolotti, seorang peneliti dari Institut Penelitian Politik Internasional yang berpusat di Milan, kepada Euronews, yang dilansir Minggu (29/9/2024).

Sayap bersenjata Hizbullah memiliki struktur paramiliter yang unik. Mereka memiliki kapasitas penggunaan rudal balistik yang kuat, tetapi juga menggunakan unit gerilya sebagai infanteri dan tidak memiliki Angkatan Udara maupun resimen tank.

Sebaliknya, tentara reguler Lebanon memiliki struktur militer yang khas tetapi persenjataannya tidak memadai.

Peran Eropa pada Lebanon



"Uni Eropa selalu berusaha meningkatkan kemampuan Angkatan Bersenjata Lebanon. Dan itu bukan hal baru. Mereka telah membantu tentara Lebanon," jelas koresponden keamanan Lebanon, Agnes Helou.

"Yang terutama, katakanlah pertama-tama Jerman telah membantu tentara Lebanon untuk memelihara semua menara, menara pengintai di sisi Angkatan Laut, serta di sisi darat, perbatasan darat dengan Suriah dan di lokasi Angkatan Laut di Mediterania,” katanya.

"Beberapa negara Uni Eropa dan Amerika Serikat akan mencoba menyelenggarakan konferensi untuk membantu mempersenjatai tentara Lebanon di perbatasan selatan jika ada keputusan politik untuk mengirim tentara Lebanon," jelasnya.

"Jadi masalahnya bukan pada persenjataan atau kemampuan atau mungkin sarana, masalahnya hanya pada keputusan politik Lebanon untuk mengirim mereka atau mengerahkan mereka secara efektif."

Duta Besar Lebanon untuk Uni Eropa, Fadi Ajali, memuji kontribusi blok tersebut.

"Fasilitas Perdamaian Eropa menyediakan dana bagi tentara Lebanon untuk memainkan peran utamanya dan vital dalam mempromosikan resolusi 1701, yang akan memberikan perdamaian dan keamanan bagi negara dan kawasan tersebut," katanya.

“Namun, tentara Lebanon kewalahan karena harus menangani urusan keamanan internal Lebanon (seperti) mencoba mengendalikan arus migran yang deras ke Uni Eropa.”

"Tentara Lebanon juga berusaha memberikan keamanan bagi para pengungsi tersebut. Para pengungsi Suriah dan kamp-kamp Palestina,” imbuh dia.

Bagaimana dengan Tentara di Bekka?



Ini adalah tentara yang tidak dapat beroperasi di medan baru. Dan jika tentara reguler Lebanon terlibat dalam konfrontasi darat langsung antara IDF dan Hizbullah, hal itu akan menyebabkan masalah politik yang sangat besar bagi sponsor keuangannya di Barat, Arab Saudi, dan negara-negara Teluk.

Sementara itu, rudal Israel menghantam wilayah Lebanon, tetapi tentara Lebanon bahkan tidak mencoba menembak jatuh rudal tersebut. Mengapa?

"Pertahanan rudal dan pertahanan udara adalah hal yang sama," kata Khalil Helou. "Itu adalah pertahanan terhadap target terbang. Tetapi tentara Lebanon tidak memilikinya sendiri,” lanjut dia.

"Hizbullah tidak punya. Suriah punya S-300. Itu sama sekali tidak berhasil. Dan ketika Anda berbicara tentang keseimbangan kekuatan seperti itu, ada kekuatan regional besar yang tidak mampu menembak jatuh rudal. Jadi, kita tidak bisa meminta tentara Lebanon untuk melakukannya."

Sejarah menunjukkan bahwa tentara membutuhkan tujuan yang jelas dan perintah yang ditetapkan dengan baik.

"Lembah Bekka dikendalikan oleh Brigade Bekka, yang merupakan brigade operasional dengan personel yang pada dasarnya standar. Pertanyaannya adalah apakah brigade itu memiliki staf lengkap saat ini dan apakah siap menghadapi ancaman yang tidak hanya eksternal tetapi juga internal," kata Bortolotti.

"Saya yakin ada dua skenario. Yaitu, jika Israel melakukan invasi darat, mungkin ada, dan saya yakin ini adalah skenario yang paling mungkin, penarikan pasukan reguler, sehingga Lembah Bekka tidak terlindungi atau menjadikannya medan pertempuran antara Israel dan Hizbullah,” jelasnya.

"Skenario nomor dua di sini mungkin saja, tetapi lebih tidak mungkin, penguatan pasukan militer bukan untuk melawan kehadiran militer atau untuk memberi dukungan kepada Israel. Namun, kehadiran tentara Lebanon dapat menjadi penghalang bagi aktivitas operasional Israel," pungkasnya.

Selama invasi Israel tahun 2006, tentara reguler Lebanon menghindari konfrontasi dengan IDF, meskipun beberapa pangkalan militernya dibom. Tentara Lebanon tidak menggunakan kekuatannya untuk melucuti senjata Hizbullah meskipun ada ketentuan yang mengikat dari Resolusi 1701.
(mas)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More