Ambisi Israel Raya: Ini Target Serangan Israel setelah Gaza dan Lebanon Takluk

Rabu, 25 September 2024 - 13:15 WIB
Peta Israel Raya menunjukkan ambisi rezim Zionis untuk memperluas penjajahan. Foto/Greater Israel Map
BEIRUT - Negara-negara Timur Tengah lainnya berpotensi menjadi target serangan Israel berikutnya setelah Lebanon. Kemungkinan ini mengacu pada konsep ambisius ‘Israel Raya’ yang pernah digaungkan pendiri Zionisme, Theodore Herzl.

Militer Israel membombardir Lebanon sejak Senin (23/9/2024). Serangan udara baru-baru ini disebutkan menjadi yang paling mematikan sejak perang Israel-Hizbullah pada 2006 lalu.

Tujuan Israel menyerang Lebanon adalah untuk menumpas Hizbullah. Sebagaimana diketahui, kelompok yang dipimpin Hassan Nasrallah tersebut memang kebetulan berbasis di Lebanon dan sudah dianggap ancaman besar di perbatasan Israel.



Serangan Israel ke Lebanon baru-baru memunculkan kekhawatiran bahwa negara Yahudi itu tengah berusaha mewujudkan konsep ‘Israel Raya’.

Jika benar demikian, nantinya akan ada negara Timur Tengah lain yang mengalami serangan serupa seperti Beirut sekarang.

Target Serangan Israel setelah Gaza dan Lebanon



Sebagai informasi, perlu diketahui bahwa konsep Israel Raya mengacu pada gagasan perluasan wilayah dan kedaulatan negara penjajah Israel.

Adapun untuk sebaran wilayahnya mencakup dari interpretasi orang-orang Israel mengenai gambaran tanah bersejarah dalam Alkitab.

Ambisi Israel Raya juga biasa dikenal sebagai rencana Zionis untuk Timur Tengah. Bapak Zionisme, Theodore Herzl, menyebutnya sebagai negara Yahudi yang akan terbentang dari Sungai Mesir hingga Sungai Eufrat.

Wilayah yang dimaksud dalam konsep itu termasuk Palestina, Lebanon Selatan sampai ke Sidon dan Sungai Litani, Dataran Tinggi Golan Suriah sampai Dataran Hauran dan Deraa, Jalur Kereta Api Hejaz dari Deraa ke Amman, Yordania serta Teluk Aqaba.

Terbaru, tentara Israel juga melancarkan serangan ke Lebanon bagian selatan. Jika alasan mereka menyerang Gaza adalah untuk memburu Hamas, kali ini dalih Zionis guna menumpas kelompok Hizbullah yang berbasis di Lebanon.

Mengacu konsep Israel Raya yang sedikit diulas di atas, negara Timur Tengah lain berpotensi menjadi target berikutnya. Di antaranya seperti Suriah hingga Yordania.

Terlebih, belum lama ini sebenarnya Israel sudah menyerang Suriah dulu meski dalam skala kecil. Apabila misi mereka di Lebanon tercapai, rasanya Suriah dan negara Timur Tengah lain wajib waspada dan mempersiapkan diri.

Demikian ulasan mengenai target serangan Israel berikutnya setelah Gaza dan Lebanon ditaklukkan.

(sya)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More