Tak Ingin Bernasib seperti Hizbullah, Garda Revolusi Iran Tidak Lagi Gunakan Perangkat Komunikasi

Senin, 23 September 2024 - 19:25 WIB
Pasukan Garda Revolusi Iran tak lagi menggunakan alat komunikasi karena tidak mau bernasib sama seperti Hizbullah. Foto/AP
TEHERAN - Pasukan elite Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran memerintahkan semua anggotanya untuk berhenti menggunakan semua jenis perangkat komunikasi. Itu terjadi setelah ribuan pager dan walkie-talkie yang digunakan oleh sekutu Hizbullah di Lebanon meledak dalam serangan mematikan minggu lalu.

Salah satu pejabat keamanan mengatakan operasi skala besar sedang dilakukan oleh IRGC untuk memeriksa semua perangkat, bukan hanya peralatan komunikasi. Dia mengatakan sebagian besar perangkat ini buatan sendiri atau diimpor dari China dan Rusia.

Iran khawatir tentang penyusupan oleh agen-agen Israel, termasuk warga Iran yang menerima gaji dari Israel dan penyelidikan menyeluruh terhadap personel telah dimulai, yang menargetkan anggota IRGC tingkat menengah dan tinggi, tambah pejabat tersebut, yang menolak disebutkan namanya karena sensitivitas masalah tersebut.



"Ini termasuk pemeriksaan rekening bank mereka baik di Iran maupun di luar negeri, serta riwayat perjalanan mereka dan keluarga mereka," kata pejabat keamanan tersebut kepada Reuters.

Kementerian Luar Negeri, Pertahanan, dan Dalam Negeri Iran tidak segera menanggapi komentar yang dibuat oleh pejabat keamanan tersebut kepada Reuters.



Dalam serangan terkoordinasi, perangkat pager meledak pada hari Selasa di seluruh benteng Hizbullah. Pada hari Rabu, ratusan walkie-talkie Hizbullah meledak. Serangan tersebut menewaskan 39 orang dan melukai lebih dari 3.000 orang.

Lebanon dan Hizbullah mengatakan Israel berada di balik serangan tersebut. Israel tidak membantah atau mengonfirmasi keterlibatan.

Pejabat keamanan tersebut menolak memberikan rincian tentang bagaimana pasukan IRGC, yang terdiri dari 190.000 personel, berkomunikasi. “Untuk saat ini, kami menggunakan enkripsi ujung ke ujung dalam sistem pengiriman pesan,” katanya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More