Corong Putin: Rusia Sudah Memiliki Dasar untuk Memulai Perang Nuklir

Senin, 16 September 2024 - 09:13 WIB
“Anda mengatakan bahwa semuanya berjalan sesuai rencana. Maaf, tetapi pasukan Nazi telah menyerbu wilayah Kursk. Ini bukan bagian dari rencana. Kami memiliki doktrin yang jelas dan ringkas dan kami bertindak sesuai dengan itu, termasuk penggunaan senjata nuklir,” lanjut Solovyov, yang dikutip Newsweek, Senin (16/9/2024).

Kremlin telah berulang kali mencoba membenarkan invasinya dengan mengeklaim ada "rezim neo-Nazi" yang berkuasa di Kyiv. Hal ini telah ditolak dengan tegas oleh Ukraina dan komunitas internasional.

Pernyataan Solovyov muncul setelah Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov memperingatkan awal bulan ini bahwa Kremlin akan mengubah kebijakan perang nuklirnya sebagai tanggapan atas apa yang disebutnya sebagai eskalasi Barat dalam perang yang sedang berlangsung di Ukraina.

Ryabkov mengatakan kepada TASS bahwa ada "niat yang jelas" untuk membuat perubahan pada doktrin nuklir Rusia, seraya menambahkan bahwa keputusan tersebut terkait dengan arah eskalasi Barat sehubungan dengan konflik Ukraina.

"Seperti yang telah berulang kali kami katakan sebelumnya, pekerjaan tersebut berada pada tahap lanjut, dan ada niat yang jelas untuk memperkenalkan koreksi [terhadap doktrin nuklir], yang disebabkan, antara lain, oleh pemeriksaan dan analisis perkembangan konflik baru-baru ini, termasuk, tentu saja, segala sesuatu yang berhubungan dengan arah eskalasi musuh Barat kami sehubungan dengan operasi militer khusus," kata Ryabkov, tetapi tidak mengatakan kapan doktrin nuklir yang diperbarui akan siap.

Ini bukan pertama kalinya Rusia memperingatkan tentang respons nuklir. Mantan Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev, sekutu dekat Putin, juga mengeluarkan peringatan respons nuklir baru pada hari Sabtu yang menyatakan bahwa itu akan menjadi keputusan dengan "konsekuensi yang tidak dapat diubah."

"Namun, Rusia telah bersabar. Jelas bahwa respons nuklir adalah keputusan yang sangat rumit dengan konsekuensi yang tidak dapat diubah. Namun, yang gagal diakui oleh orang-orang Anglo-Saxon yang arogan adalah bahwa Anda hanya dapat menguji kesabaran seseorang dalam jangka waktu yang terbatas," kata Medvedev.

"Akhirnya akan terbukti bahwa beberapa analis Barat moderat benar ketika mereka memperingatkan: 'Benar, Rusia tidak mungkin menggunakan respons ini, meskipun… itu masih mungkin. Selain itu, mereka mungkin menggunakan kendaraan pengiriman baru dengan muatan konvensional’. Dan kemudian—itu berakhir. Bercak besar massa abu-abu cair di tempat 'ibu kota Rusia' [nama historis Kyiv] pernah berdiri. Astaga, itu tidak mungkin, tetapi itu terjadi...,” paparnya.

Sementara itu, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengabaikan keseriusan berbagai pernyataan Medvedev.

"Kami tahu sekarang untuk tidak menganggap Medvedev serius," kata departemenitu melalui seorang juru bicaranya. "Itu omong kosong standar Kremlin."
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More