Siapa Laura Loomer? Penganut Teori konspirasi Anti-Muslim yang Jadi Pendukung Donald Trump

Senin, 16 September 2024 - 16:20 WIB
Laura Loomer dikenal sebagai penganut teori konspirasi anti-Muslim yang menjadi pendukung Donald Trump. Foto/AP
WASHINGTON - Kehadiran penganut teori konspirasi sayap kanan Laura Loomer bersama Donald Trump dalam jalur kampanye beberapa hari terakhir telah menimbulkan pertanyaan, termasuk dari beberapa anggota Partai Republik, tentang pengaruh mantan kandidat kongres yang kontroversial itu terhadapnya.

Siapa Laura Loomer? Penganut Teori konspirasi Anti-Muslim yang Jadi Pendukung Donald Trump

1. Menyuarakan Anti-Muslim



Foto/AP



Melansir BBC, Loomer terkenal karena retorikanya yang anti-Muslim dan menyebarkan teori konspirasi, termasuk bahwa serangan 9/11 adalah "pekerjaan orang dalam" yang dilakukan oleh pemerintah AS.

Ia bergabung dengan Trump dalam sebuah acara pada hari Rabu untuk memperingati serangan tersebut, yang menimbulkan keheranan dan memicu kemarahan di beberapa media AS.

Dan pada hari Selasa, wanita berusia 31 tahun itu melakukan perjalanan ke Philadelphia dengan pesawat Trump untuk mengikuti debat presiden di kota tersebut.

Mungkin momen yang paling berkesan dari debat itu terjadi ketika Trump mengulang klaim tak berdasar bahwa imigran ilegal dari Haiti telah memakan hewan peliharaan di sebuah kota kecil di Ohio. "Mereka memakan hewan peliharaan penduduk di sana," katanya. Pejabat kota kemudian mengatakan kepada BBC Verify bahwa "tidak ada laporan yang dapat dipercaya" bahwa hal ini benar-benar terjadi.

Trump mengatakan bahwa ia mengulangi klaim yang didengarnya di televisi, tetapi teori tersebut disiarkan oleh Loomer sehari sebelum debat. Pada hari Senin, pakar pinggiran dan influencer media sosial tersebut mengulangi klaim tersebut kepada 1,2 juta pengikutnya di X.

2. Dekat dengan JD Vance dan Donald Trump



Foto/AP

Meskipun tingkat akses yang dimiliki Loomer terhadap Trump tidak jelas, dan pasangannya JD Vance juga telah menyebarkan teori yang tidak berdasar tersebut, unggahan Loomer dan kehadirannya di Philadelphia telah menyebabkan beberapa anggota Partai Republik menyalahkannya atas pernyataan tidak berdasar yang dibuat mantan presiden tersebut di atas panggung.

Sumber anonim yang dekat dengan kampanye Trump mengatakan kepada media berita AS Semafor bahwa mereka "100%" khawatir tentang kedekatan Loomer dengan Trump.

"Terlepas dari pagar pembatas apa pun yang dipasang oleh kampanye Trump terhadapnya, saya rasa itu tidak berhasil," kata sumber tersebut.

3. Dikritik Politikus Senior Partai Republik



Foto/AP

Sejumlah politisi senior Partai Republik juga mengkritik Loomer secara terbuka dan memperingatkan Trump agar tidak membawanya ke lingkaran dalamnya.

"Laura Loomer adalah penganut teori konspirasi gila yang secara teratur mengucapkan omong kosong menjijikkan yang dimaksudkan untuk memecah belah Partai Republik," tulis Senator Carolina Utara Thom Tillis di X, yang sebelumnya bernama Twitter.

"Seorang anggota DNC [Komite Nasional Demokrat] tidak dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada yang dilakukannya untuk merusak peluang Presiden Trump untuk memenangkan pemilihan ulang," tambah Tillis.

Berbicara dalam konferensi pers di California pada tanggal 13 September, Trump hanya mengatakan bahwa Loomer adalah "seorang pendukung" dan bahwa dia tidak mengetahui komentar terbaru yang dibuatnya tentang Harris, atau komentarnya tentang 9/11.

"Saya tidak mengendalikan Laura. Laura harus mengatakan apa yang dia inginkan. Dia berjiwa bebas," tambahnya.

Loomer tidak menanggapi beberapa permintaan komentar dari BBC.



4. Bergerak secara Independen

Namun di Twitter/X, dia mengatakan bahwa dia beroperasi "secara independen" untuk membantu Trump, yang dia sebut sebagai "harapan terakhir bangsa kita".

"Bagi banyak wartawan yang menelepon saya dan terus-menerus meminta saya untuk berbicara dengan mereka hari ini, jawabannya adalah tidak," tulisnya. "Saya sangat sibuk mengerjakan cerita dan investigasi saya dan tidak punya waktu untuk memikirkan teori konspirasi Anda."

Lahir di Arizona pada tahun 1993, jurnalis investigasi gadungan ini telah bekerja sebagai aktivis dan komentator untuk berbagai organisasi termasuk Project Veritas dan Infowars milik Alex Jones.

Pada tahun 2020, dia mencalonkan diri - dengan dukungan Trump - sebagai kandidat Partai Republik untuk DPR AS di Florida, tetapi kalah dari Demokrat Lois Frankel.

Dia mencoba lagi dua tahun kemudian, ketika dia gagal mencalonkan diri untuk mengalahkan Perwakilan Daniel Webster dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik di distrik Florida yang berbeda.

5. Mendukung Berbagai Teori Konspirasi

Kini, ia dikenal karena dukungan vokalnya terhadap Trump dan mempromosikan serangkaian teori konspirasi yang panjang termasuk klaim bahwa Kamala Harris bukan orang kulit hitam, dan bahwa putra miliarder George Soros mengirim pesan samar yang menyerukan pembunuhan Trump.

Posting-posting ini menyebabkan ia diblokir dari sejumlah platform termasuk Facebook, Instagram dan bahkan, menurutnya, Uber dan Lyft karena membuat komentar yang menyinggung tentang pengemudi Muslim. Ia pernah menggambarkan dirinya sebagai "Islamofobia yang bangga".

Nona Loomer sering menghadiri acara yang mendukung Trump dan sebelumnya terlihat di kediamannya di Florida, Mar-a-Lago.

Awal tahun ini, ia melakukan perjalanan dengan pesawatnya ke Iowa di mana ia mendapat sambutan hangat darinya di atas panggung pada sebuah acara. "Anda ingin dia berada di pihak Anda," kata Trump. Mantan presiden itu juga telah membagikan beberapa videonya di Truth Social.

Dan tahun lalu, New York Times melaporkan bahwa Trump telah menyatakan minatnya untuk mempekerjakannya untuk kampanyenya, mengalah hanya setelah para pembantu utamanya menyatakan kekhawatiran bahwa dia dapat merusak upaya elektoralnya.

"Setiap orang yang bekerja untuknya menganggapnya sebagai beban," kata seorang pembantu Trump tentang Loomer dalam sebuah laporan di NBC News pada bulan Januari.

Pendukung Trump yang vokal lainnya, Marjorie Taylor Greene, mempermasalahkan Loomer minggu ini atas komentarnya yang mempertanyakan ras Harris dan sebuah posting di mana dia mengatakan Gedung Putih "akan berbau kari" jika Harris - yang sebagian keturunan India - terpilih.

Greene mengatakan komentar Loomer "mengerikan dan sangat rasis" dan "tidak mewakili siapa kita sebagai Partai Republik atau MAGA" - yang memicu serangkaian pesan marah kepadanya.

Perseteruan di lingkungan Trump ini terjadi hanya sehari setelah Loomer muncul di acara-acara bersama Trump untuk memperingati ulang tahun 9/11 di New York dan Pennsylvania. Ketika ditanya oleh Associated Press tentang kehadirannya di sana, dia mengatakan dia tidak bekerja untuk kampanye tersebut dan "diundang sebagai tamu".
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More