Analis: Opsi Putin Merespons Rudal Jarak Jauh Ukraina Pasokan Barat Mencakup Uji Nuklir

Minggu, 15 September 2024 - 07:16 WIB
Para analis memprediksi opsi Vladimir Putin merespons rudal jarak jauh Ukraina pasokan Barat akan mencakup uji senjata nuklir. Foto/Kementerian Pertahanan Rusia
LONDON - Opsi Presiden Vladimir Putin untuk merespons jika Barat mengizinkan rudal jarak jauh mereka digunakan Ukraina untuk menyerang Rusia dapat mencakup serangan terhadap aset-aset militer Inggris di dekat Rusia.

Bahkan, dalam keadaan ekstrem, pemimpin Kremlin itu dapat melakukan uji coba senjata nuklir untuk menunjukkan tekadnya. Itu disampaikan para analis Barat dan Rusia yang memperingatkan bahaya dari situasi perang Rusia-Ukraina yang semakin memanas.

Saat ketegangan Timur-Barat atas Ukraina memasuki fase baru dan berbahaya, Perdana Menteri Inggris Keir Starmer dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengadakan pembicaraan di Washington pada hari Jumat tentang apakah akan mengizinkan Kyiv menggunakan rudal jarak jauh ATACMS Amerika atau rudal Storm Shadow Inggris terhadap target di Rusia.



Presiden Rusia Vladimir Putin, dalam peringatannya yang paling jelas, mengatakan pada hari Kamis bahwa Barat akan langsung melawan Rusia jika melanjutkan langkah tersebut, yang menurutnya akan mengubah sifat konflik.



Dia telah menjanjikan respons yang tepat, tetapi tidak mengatakan apa yang akan terjadi.

Namun, pada bulan Juni, dia berbicara tentang opsi untuk mempersenjatai musuh-musuh Barat dengan senjata Rusia guna menyerang target-target Barat di luar negeri, dan untuk menyebarkan rudal konvensional dalam jarak serang Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya di Eropa.

Ulrich Kuehn, seorang pakar senjata di Institute for Peace Research and Security Policy di Hamburg, mengatakan dia tidak mengesampingkan kemungkinan Putin memilih untuk mengirim semacam pesan nuklir—misalnya menguji senjata nuklir dalam upaya untuk menakut-nakuti Barat.

"Ini akan menjadi eskalasi konflik yang dramatis," katanya dalam sebuah wawancara, yang dilansir Reuters, Minggu (15/9/2024).

"Karena intinya adalah, panah macam apa yang tersisa untuk ditembakkan oleh Putin jika Barat masih terus melakukannya, selain dari penggunaan nuklir yang sebenarnya?"

Rusia belum pernah melakukan uji coba senjata nuklir sejak 1990, setahun sebelum runtuhnya Uni Soviet, dan ledakan nuklir akan menjadi tanda dimulainya era yang lebih berbahaya, kata Kuehn, sambil memperingatkan bahwa Putin mungkin merasa dia dianggap lemah dalam respons-nya terhadap meningkatnya dukungan NATO pada Ukraina.

“Uji coba nuklir akan menjadi hal baru. Saya tidak akan mengesampingkan itu, dan itu akan sejalan dengan Rusia yang menghancurkan sejumlah pengaturan keamanan internasional yang telah disetujuinya selama beberapa dekade selama beberapa tahun terakhir,” katanya.

Gerhard Mangott, seorang spesialis keamanan di University of Innsbruck di Austria, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia juga berpikir mungkin saja, meskipun menurutnya tidak mungkin, bahwa respons Rusia dapat mencakup beberapa bentuk sinyal nuklir.

“Rusia dapat melakukan uji coba nuklir. Mereka telah melakukan semua persiapan yang dibutuhkan. Mereka dapat meledakkan senjata nuklir taktis di suatu tempat di timur negara itu hanya untuk menunjukkan bahwa (mereka) bersungguh-sungguh ketika mereka mengatakan bahwa kita akhirnya akan menggunakan senjata nuklir,” katanya.

Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB pada hari Jumat bahwa NATO akan menjadi pihak langsung dalam permusuhan terhadap negara berkekuatan nuklir, jika blok itu mengizinkan Ukraina menggunakan senjata jarak jauh terhadap Rusia.



"Anda tidak boleh melupakan hal ini dan memikirkan konsekuensinya," katanya.

Rusia, negara berkekuatan nuklir terbesar di dunia, juga sedang dalam proses merevisi doktrin nuklirnya—keadaan di mana Moskow akan menggunakan senjata nuklir.

Putin ditekan oleh seorang politikus garis keras yang berpengaruh untuk membuatnya lebih fleksibel guna membuka pintu untuk melakukan serangan nuklir terbatas terhadap negara NATO.

Respons terhadap Inggris



Dalam kasus Inggris, Moskow kemungkinan akan menyatakan bahwa London telah beralih dari perang proksi hibrida dengan Rusia menjadi agresi bersenjata langsung jika mengizinkan Kyiv menembakkan rudal Storm Shadow ke Rusia, kata mantan penasihat Kremlin Sergei Markov di Telegram.

Rusia, kata Markov, kemungkinan akan menutup kedutaan besar Inggris di Moskow dan kedutaannya sendiri di London, menyerang pesawat nirawak dan pesawat tempur Inggris yang dekat dengan Rusia, misalnya di atas Laut Hitam, dan mungkin menembakkan rudal ke pesawat tempur F-16 yang membawa Storm Shadow di pangkalan mereka di Rumania dan Polandia.

Putin telah mencoba dan gagal untuk menarik garis merah bagi Barat sebelumnya, yang mendorong Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky—yang mendesak Barat untuk tidak terlalu berhati-hati dalam menghadapi Moskow—untuk mengabaikan pentingnya garis merah tersebut.

Namun, peringatan terbaru Putin tentang rudal jarak jauh dipandang di dalam dan luar Rusia sebagai sesuatu yang harus ditindaklanjutinya jika London atau Washington mengizinkan rudal mereka digunakan untuk melawan Rusia.

Mangott mengatakan cara peringatan Putin telah ditayangkan berulang kali di televisi pemerintah Rusia menciptakan harapan bahwa dia harus menyampaikannya.

Juru bicara Putin, Dmitry Peskov, mengatakan pada jumpa pers pada hari Jumat bahwa pesan Putin telah "sangat jelas dan tidak ambigu."

Markov mengatakan Rusia telah memutuskan untuk menghentikan strategi “merebus katak di atas api kecil”, mengacu pada peningkatan bantuan Barat secara bertahap ke Ukraina yang bertujuan untuk tidak memancing respons tajam Rusia.

“Langkah yang direncanakan Barat selanjutnya, ini langkah kecil, tetapi melewati batas merah yang akan kami tanggapi. Kami akan menganggap bahwa Anda sedang berperang dengan kami,” kata Markov.

Sergei Mironov, pemimpin partai politik pro-Kremlin, mengatakan dalam pernyataan pers pada hari Jumat: “Momen kebenaran telah tiba bagi Barat, apakah mereka menginginkan perang skala penuh dengan Rusia.”

Eskalasi Perang Ukraina



Selain ancaman senjata nuklir atau serangan terhadap aset Inggris, respons yang lebih dapat diprediksi mungkin termasuk Rusia meningkatkan serangan terhadap infrastruktur sipil Ukraina, kata Kuehn.

Mangott memperkirakan Kyiv akan menanggung beban respons militer Rusia jika Barat memberinya lampu hijau yang diminta, dan dia tidak memperkirakan serangan militer Rusia terhadap wilayah NATO.

Opsi lain, kata Kuehn, adalah Rusia akan meningkatkan tindakan “hibrida” seperti sabotase di Eropa atau campur tangan dalam kampanye pemilu AS.

Mangott mengatakan bahaya bagi Barat adalah mereka tidak tahu di mana garis merah Putin sebenarnya.

"Membiarkan Ukraina menggunakan persenjataan Barat, dibantu dengan citra satelit Barat (dan) penasihat militer Barat adalah sesuatu yang sangat mengganggu kepentingan vital Rusia," katanya.

"Jadi saya pikir (orang-orang) itu salah jika mengatakan 'Tidak akan terjadi apa-apa, mari kita lakukan saja’.”
(mas)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More