Penembak Aktif Tembak 6 Orang di Jalan Raya Kentucky AS lalu Kabur

Minggu, 08 September 2024 - 10:13 WIB
Seorang penembak aktif telah menembak 6 orang di jalan raya Kentucky, AS, lalu melarikan diri. Foto/Laurel County Sheriffs Office
WASHINGTON - Seorang penembak aktif telah menembak enam orang di sepanjang jalan raya di negara bagian Kentucky, Amerika Serikat (AS), Sabtu waktu setempat. Tersangka kemudian melarikan diri.

Juru bicara Kepolisian Negara Bagian Kentucky Scottie Pennington mengatakan empat hingga enam orang telah ditembak.

“Terdapat beberapa korban luka parah tetapi tidak ada kematian yang dikonfirmasi,” tulis media lokal, WYMT, yang dikutip AFP, Minggu (8/9/2024).



Polisi mencurigai tersangka bernama Joseph Couch (32). Penembakan ini telah memaksa polisi menutup jalur Interstate-75 di kedua arah.



"Anggaplah [tersangka] bersenjata dan berbahaya," kata kantor sheriff setempat dalam posting Facebook-nya. "Jangan mencoba untuk mendekat."

Pennington juga mem-posting di Facebook: "Kami mengimbau orang-orang untuk tetap di dalam.”

Dia kemudian mengatakan kepada Louisville Courier Journal; "Kami tidak tahu di mana (tersangka) berada.”

Kawasan Laurel County berada di selatan kota Lexington di sepanjang Interstate-75, jalan raya utama utara-selatan yang melintasi separuh timur Amerika Serikat.

Insiden hari Sabtu terjadi setelah dua siswa dan dua guru tewas dalam penembakan di sekolah di Georgia.

Seorang anak laki-laki berusia 14 tahun didakwa melakukan pembunuhan sementara ayahnya, yang diduga membelikan senjata api untuknya sebagai hadiah, didakwa melakukan pembunuhan tidak disengaja dan pembunuhan tingkat dua.

Kekerasan senjata api umum terjadi di Amerika Serikat, negara dengan jumlah senjata api lebih banyak daripada jumlah penduduk.

Meskipun jajak pendapat menunjukkan warga Amerika mendukung pembatasan kepemilikan senjata api yang lebih ketat, kelompok lobi hak senjata api yang kuat, perlindungan konstitusional, dan budaya yang bergairah seputar kepemilikan senjata api berarti bahwa upaya untuk membatasi hak kepemilikan senjata api selalu menghadapi perlawanan politik yang keras.

Paket keamanan senjata api tahun 2022 yang disahkan oleh Kongres merupakan yang paling terkenal dalam beberapa dekade, yang memperkuat pemeriksaan latar belakang dan mendukung negara bagian yang mengesahkan undang-undang "Red Flag", yang memungkinkan penyitaan senjata dari orang-orang yang dianggap berisiko tinggi.

Namun, para pendukung mengatakan masih banyak yang perlu dilakukan.

Pada tahun yang sama, lebih dari 48.000 orang tewas akibat senjata api, menurut dokter bedah umum, yang tahun ini mengeluarkan nasihat penting yang menyatakan kekerasan senjata sebagai "krisis kesehatan masyarakat".

Hak senjata dan kekerasan senjata secara teratur muncul dalam pemilihan umum.

Kandidat presiden dari Partai Republik Donald Trump, yang dipandang oleh partainya sebagai pejuang hak senjata, mengunggah di media sosial: "Hati kami bersama para korban penembakan di Georgia.”

Sedangkan kandidat presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris meminta Kongres untuk meloloskan larangan senapan serbu.

Larangan ini akan mirip dengan yang ditulis Presiden Joe Biden saat menjadi senator dan disahkan menjadi undang-undang pada tahun 1994 yang berakhir setelah satu dekade, tanpa diperbarui oleh Kongres.
(mas)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More