6 Alasan PM Jepang Fumio Kishida Mundur dari Ketua LDP, dari Regenerasi Pemimpin hingga Kebijakan Kontroversial

Rabu, 21 Agustus 2024 - 20:15 WIB
Siapa saja calon yang mungkin? Belum jelas siapa yang memimpin persaingan untuk menggantikan Kishida, dengan spekulasi yang berfokus pada beberapa anggota senior LDP.

Tiga dari nama-nama tersebut adalah perempuan, yang meningkatkan kemungkinan terobosan dalam politik Jepang yang didominasi laki-laki.

Para ahli mengatakan kebutuhan LDP untuk mengubah citranya dapat mendorongnya untuk memilih perdana menteri perempuan. Hanya tiga perempuan yang mencalonkan diri sebagai pemimpin partai di masa lalu, dua di antaranya mencalonkan diri melawan Kishida pada tahun 2021.

Hanya 10,3% anggota majelis rendah parlemen Jepang adalah perempuan, menempatkan Jepang di urutan ke-163 untuk representasi perempuan di antara 190 negara yang diperiksa dalam sebuah laporan oleh Inter-Parliamentary Union yang berpusat di Jenewa pada bulan April.

5. Mempersiapkan Diri untuk Pemilu Kedepan

Masalah LDP dapat meluas ke pemilihan umum, tetapi oposisi Jepang yang terpecah mungkin akan kesulitan memanfaatkan situasi tersebut.

Para ahli mengatakan para pemilih mungkin ingin menghukum LDP atas skandalnya, tetapi tidak melihat partai oposisi sebagai alternatif yang layak.

Oposisi utama Partai Demokratik Konstitusional Jepang telah memperoleh beberapa kemenangan dalam pemilihan lokal tahun ini, sebagian dibantu oleh skandal LDP, tetapi partai ini kesulitan untuk menghasilkan kebijakan yang kontras dengan koalisi yang memerintah.

6. Kebijakan Kontroversial

Selama masa jabatannya sebagai pemimpin pascaperang terlama kedelapan di Jepang, Kishida melepaskan diri dari kebijakan ekonomi sebelumnya dengan menghindari ekonomi trickle-down yang didorong oleh laba perusahaan untuk mengarahkan pandangannya pada peningkatan pendapatan rumah tangga, termasuk kenaikan upah dan promosi kepemilikan saham.

Ia memimpin Jepang keluar dari pandemi COVID-19 dengan belanja stimulus besar-besaran dan juga menunjuk akademisi Kazuo Ueda sebagai kepala Bank Jepang untuk membimbing negara itu keluar dari stimulus moneter radikal pendahulunya.

Pada bulan Juli, BOJ secara tak terduga menaikkan suku bunga saat inflasi meningkat, yang berkontribusi pada ketidakstabilan pasar saham dan membuat yen naik tajam.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More