PM Hasina Kabur dengan Helikopter, Militer Kuasai Bangladesh dan Umumkan Revolusi

Selasa, 06 Agustus 2024 - 08:17 WIB
Perdana Menteri Sheikh Hasina mengundurkan diri dan kabur ke India dengan helikopter, militer kini kuasai Bangladesh dan umumkan revolusi. Foto/EPA
DHAKA - Pemimpin Bangladesh yang semakin otokratis, Perdana Menteri (PM) Sheikh Hasina, mengundurkan diri dan meninggalkan negara itu pada hari Senin setelah berminggu-minggu terjadi kerusuhan.

Hasina melarikan diri dengan helikopter militer menuju India setelah massa melanggar jam malam dan menyerbu istananya di Ibu Kota Bangladesh, Dhaka, setelah berminggu-minggu terjadi protes berdarah.

Gerakan yang akhirnya menggulingkannya dimulai dengan para mahasiswa yang frustrasi karena kurangnya prospek pekerjaan dan membesar hingga mencakup warga Bangladesh biasa yang menghadapi kondisi ekonomi yang semakin sulit.





Namun, kegembiraan di ibu kota harus dibayar dengan harga yang mahal; sekitar 300 orang telah tewas sejak protes dimulai pada bulan Juni, dan masa depan negara tersebut masih belum pasti karena pemerintah sementara yang didukung militer turun tangan.

Setelah satu setengah dekade berkuasa, warisan Hasina rumit. Di satu sisi, pemerintahannya membangun infrastruktur modern dan meningkatkan peluang pembangunan, terutama bagi kaum miskin.

Namun, dia juga semakin menindak pers, serta oposisi, dan seiring berjalannya waktu, berbagai bentuk perbedaan pendapat pun terjadi.

Jenderal Angkatan Darat Waker-uz-Zaman mengumumkan pada hari Senin bahwa militer telah mengambil alih kendali pemerintahan; parlemen dibubarkan, dan pemerintah sedang merumuskan rencana untuk pemilihan umum baru.

“Negara ini sedang mengalami masa revolusioner,” kata Jenderal Zaman dalam pidato televisi nasional.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More