4 Tokoh Penting yang Dibunuh Israel di Iran, dari Ismail Haniyeh hingga Ilmuwan Nuklir Mohsen Fakhrizadeh

Kamis, 01 Agustus 2024 - 22:55 WIB
Ismail Haniyeh merupakan tokoh penting yang dibunuh Israel di Iran. Foto/EPA
TEHERAN - Banyak tokoh penting, baik orang asing atau warga Iran yang menjadi korban pembunuhan oleh para agen intelijen Israel di Tanah Para Mullah tersebut. Hal tersebut tidak lepas karena Iran dan Israel merupakan musuh bebuyutan.

Tokoh yang dibunuh oleh Israel di Iran umumnya memiliki korelasi dengan ketegangan dan permusuhan antara negara zionis tersebut dengan Teheran.

Pemerintah Iran juga tak bisa berbuat banyak dengan banyaknya ancaman pembunuhan terhadap tokoh penting di negara tersebut. Itu juga menunjukkan kelemahan Iran tak mampu mendeteksi aksi agen intelijen Israel yang dengan bebas beroperasi di negara tersebut.



4 Tokoh Penting yang Dibunuh Israel di Iran, dari Ismail Haniyeh hingga Ilmuwan Nuklir Mohsen Fakhrizadeh

1. Ismail Haniyeh



Foto/EPA

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh tewas dalam serangan Israel di ibu kota Iran. Menurut media Iran, Haniyeh menginap di sebuah gedung untuk veteran perang di Teheran ketika serangan itu terjadi sekitar pukul 02:00. Beberapa laporan menyebutkan ia tewas dalam serangan udara.

Haniyeh, 62 tahun, secara luas dianggap sebagai pemimpin Hamas secara keseluruhan. Israel telah menanggapi dengan operasi militer besar-besaran di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas yang telah menewaskan sedikitnya 39.400 orang, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas.

Menurut Hamas, Haniyeh berada di Teheran untuk mengambil bagian dalam upacara pelantikan Presiden baru Iran Masoud Pezeshkian, yang dilantik pada hari Selasa.

Anggota biro politik kelompok tersebut Musa Abu Marzuk mengatakan itu adalah "tindakan pengecut" dan "tidak akan dibiarkan begitu saja"; sementara pejabat senior Hamas lainnya, Sami Abu Zuhri, mengatakan kelompok itu akan "melanjutkan jalannya".
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More