Biro Desain Yakovlev Rusia Siap Kembangkan Lagi Jet Lepas Landas Vertikal yang Ditiru F-35B

Senin, 29 Juli 2024 - 16:11 WIB
Ilustrasi jet tempur program Yak-141 Rusia. Foto/updidi
MOSKOW - Biro desain yang berpusat di Moskow mengembangkan jet tempur pertama Uni Soviet yang mampu lepas landas dan mendarat vertikal (VTOL), Yak-38, pada tahun 1970-an.

Penerus Yak-38, program Yak-141, mencapai tahap pengembangan lanjutan, tetapi dibatalkan menjelang pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991.

Perancang dan produsen pesawat Rusia Yakovlev siap melanjutkan pengembangan pesawat berkemampuan VTOL generasi kelima, jika diminta Kementerian Pertahanan, menurut direktur umum Yakovlev Andrei Boginsky kepada Sputnik.



"Perancang kami telah menjajaki prospek untuk menciptakan pesawat yang lebih canggih yang sesuai dengan level penerbangan tempur generasi kelima," ungkap Boginsky.

Dia menjelaskan, "Topik pesawat lepas landas dan mendarat vertikal dibekukan pada tahun 1990-an yang sulit, tetapi kami telah mempertahankan dasar ilmiah dan teknis untuk pengembangannya. Retensi pengetahuan ini, dikombinasikan dengan teknologi penerbangan baru, akan memungkinkan kita untuk segera kembali menciptakan pesawat lepas landas dan mendarat vertikal, jika Kementerian Pertahanan Rusia mempercayakan tugas ini kepada kita."

Boginsky menekankan Yakovlev adalah satu-satunya produsen pesawat militer Rusia yang memiliki pengalaman relevan dalam menciptakan pesawat VTOL.

Yakovlev mulai bereksperimen dengan teknologi VTOL pada tahun 1950-an, dengan upaya ini mengarah pada pengembangan Yak-36, demonstran teknologi VTOL.

Yak-36 melakukan penerbangan perdananya enam puluh tahun yang lalu, pada tanggal 27 Juli 1964 dalam mode penerbangan konvensional.

Dua bulan kemudian, pada tanggal 27 September 1964, pesawat tersebut melakukan hover pertamanya dan transisi ke penerbangan horizontal. Penerbangan profil penuh dengan lepas landas dan mendarat vertikal dilakukan pada Maret 1966.

Empat prototipe Yak-36 dibangun, dengan proyek tersebut mengalami pengujian dan perbaikan ekstensif untuk mencoba meningkatkan aliran udara dan karakteristik penerbangan.

Program Yak-36 diubah namanya menjadi program Yak-36M, dan akhirnya melahirkan program Yak-38. Program terakhir ini menghasilkan keberhasilan pengenalan Yak-38 ke dalam Penerbangan Angkatan Laut Soviet pada tahun 1976 untuk digunakan di atas kapal induk kelas Kiev Proyek 1143 Krechyet (Gyrfalcon), yang akan membawa selusin Yak-38 sebagai standar.

Pesawat unik bermesin tiga ini (1 Tumansky R-28 V-300 dengan daya dorong vektor turbofan dan 2 RD-38 turbojet) memiliki satu awak, kecepatan tertinggi hampir 1.300 km per jam, jangkauan layanan 11 km, dan radius tempur praktis dengan lepas landas dan pendaratan vertikal serta persenjataan lengkap hingga 185 km.

Jet-jet tersebut dipersenjatai dengan meriam otomatis 23 mm dan memiliki empat titik keras untuk membawa amunisi hingga 2 ton, mulai dari rudal udara-ke-permukaan Kh-23 dan rudal udara-ke-udara R-60 hingga bom cluster, pembakar, dan bom jatuh bebas seri FAB.

Senjata nuklir taktis RN-28, RN-40, dan RN-41, yang dirancang untuk operasi melawan kelompok kapal induk musuh, juga tersedia.

Yak-38 terbukti sulit dieksploitasi, dengan puluhan dari sekitar 230 Yak-38 yang dibuat hancur dalam kecelakaan.

Oleh karena itu, Yakovlev berupaya meningkatkan teknologi VTOL-nya dalam iterasi masa depannya.

Biro desain mulai merancang penerus Yak-38, Yak-141, pada tahun 1975, berdasarkan tuntutan Kementerian Pertahanan agar pesawat VTOL Soviet generasi berikutnya memiliki kemampuan manuver dan rasio daya dorong terhadap berat yang lebih baik, kemampuan lepas landas vertikal yang sepenuhnya otomatis, jarak pengereman yang lebih pendek, radar di dalam pesawat, dan mesin yang lebih bertenaga untuk meningkatkan muatan senjata dan memperluas radius tempur hingga 900 km.

Yak-141 mencapai tahap pengembangan lanjutan, dengan empat prototipe yang dibangun dan penerbangan pertama dilakukan pada tahun 1987.

Pada tahun 1989, lepas landas vertikal pertama dilakukan, dan pada tahun 1990 pesawat tersebut melakukan penerbangan profil penuh pertamanya, dan lepas landas serta pendaratan pertama yang berhasil dari dan di atas kapal induk.

Pada tanggal 5 Oktober 1990, salah satu pesawat uji hilang dalam kecelakaan, tetapi pilotnya selamat tanpa cedera.

Yak-141 memiliki sayap yang dapat dilipat, berat lepas landas maksimum 19,5 ton dari landasan pacu (dan VTOL maksimum 15,8 ton), tiga mesin yang dikontrol secara digital, mesin pengangkat dan pendorong R79V-300 dan mesin pengangkat ganda RD-41.

Pesawat ini dapat berakselerasi hingga 1.250 km per jam, menjadikannya pesawat VTOL pertama di dunia yang terbang lebih cepat dari kecepatan suara, dan ketinggian layanan 15 km.

Pesawat ini dirancang untuk dipersenjatai dengan meriam otomatis GSh-30-1 30 mm, dan memiliki lima titik keras untuk rudal udara-ke-udara R-77, R-27, R-73 dan R-60, rudal berpemandu udara-ke-permukaan Kh-25, Kh-31 dan Kh-35, meriam sekunder 23 mm opsional, atau hingga enam bom jatuh bebas dengan kaliber hingga 500 kg.

Selain kapal induk Proyek 1143 dan Proyek 1143.5, Yak-141 akan diangkut dengan kapal induk bertenaga nuklir seri Ulyanovsk.

Meskipun Yak-141 tidak pernah beroperasi karena runtuhnya Uni Soviet, warisannya tetap hidup, dengan cetak biru untuk pesawat yang dijual ke Lockheed pada tahun 1990-an dan digunakan oleh raksasa pertahanan AS untuk membantu mengembangkan F-35B.

Seperti pengembangan F-35B, jet VTOL modern memerlukan miniaturisasi avionik dan rangka pesawat yang mampu menangani persyaratan gaya-G dari mesin pesawat modern untuk pesawat yang mampu melakukan VTOL.

Teknologi generasi 4++ dan 5 yang dikembangkan untuk pesawat tempur Rusia lainnya dapat diterapkan pada jet VTOL Rusia generasi berikutnya, termasuk avionik dan senjata modern, dan diharapkan dapat dibawa oleh kapal induk Rusia yang baru, atau generasi baru kapal serbu amfibi.

(sya)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More