Akankah Serangan ke Dataran Tinggi Golan Memicu Perang Besar?

Senin, 29 Juli 2024 - 13:10 WIB
PBB dan Uni Eropa menyerukan pengekangan, dengan kepala kebijakan luar negeri blok beranggotakan 27 negara itu, Josep Borrell, menyerukan “investigasi internasional yang independen”. Pemerintah Lebanon, yang biasanya tidak mengomentari serangan terhadap Israel – atau Golan yang diduduki – mengatakan pihaknya mengutuk serangan terhadap warga sipil dalam sebuah pernyataan yang menunjukkan keseriusan situasi tersebut.

Berbicara pada konferensi pers di Tokyo, Blinken mengatakan AS tidak ingin melihat konflik meningkat setelah insiden Majdal Shams. Hal ini terjadi di tengah laporan pembicaraan gencatan senjata Gaza yang diharapkan akan diadakan di Italia.

“Kami bertekad untuk mengakhiri konflik Gaza. Konflik ini sudah berlangsung terlalu lama. Konflik ini telah menelan banyak korban jiwa. Kami ingin melihat warga Israel, Palestina, dan Lebanon hidup bebas dari ancaman konflik dan kekerasan,” kata Blinken pada hari Minggu.



3.Iran Diduga Terlibat



Foto/EPA

Teheran memperingatkan Israel terhadap "petualangan baru" apa pun sambil menyebut insiden Majdal Shams sebagai "skenario yang dibuat-buat" yang dirancang untuk mengalihkan perhatian dari lebih dari 39.000 warga Palestina yang tewas di Jalur Gaza.

Juru bicara kementerian luar negeri Iran Nasser Kanaani mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu bahwa tanggapan militer Israel akan semakin mengacaukan kawasan tersebut dan mengobarkan api perang.

"Jika itu terjadi, rezim Zionis akan menjadi entitas definitif dan utama yang bertanggung jawab atas akibat dan reaksi yang tidak terduga terhadap perilaku bodoh seperti itu," katanya.

Mojtaba Amani, utusan Iran untuk Lebanon, menulis dalam sebuah posting di X bahwa Teheran "tidak mengharapkan" perang habis-habisan setelah insiden Majdal Shams, terutama karena "persamaan yang dipaksakan" pada Israel oleh Iran dan sekutunya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More