Mengapa AS dan Aliansinya Gagal Membendung Kebangkitan ISIS di Timur Tengah?

Kamis, 25 Juli 2024 - 22:55 WIB
“Kekalahan ISIS secara global bergantung pada upaya gabungan Koalisi dan mitra untuk menyingkirkan para pemimpin kunci dari medan perang dan repatriasi, rehabilitasi, dan reintegrasi keluarga dari Al Hol dan Al Roj,” kata Komandan CENTCOM Jenderal Erik Kurilla dalam sebuah pernyataan.

Dia menambahkan: “Kami terus memfokuskan upaya kami untuk secara khusus menyasar para anggota ISIS yang berusaha melakukan operasi eksternal di luar Irak dan Suriah dan para anggota ISIS yang berusaha melarikan diri dari tahanan ISIS dalam upaya untuk menyusun kembali kekuatan mereka.”

2. Insiatif Perang Melawan ISIS Mengalami Kegagalan



Foto/EPA

Dana Stroul, Asisten Menteri Pertahanan untuk Timur Tengah hingga Januari lalu, mengatakan meningkatnya serangan ISIS harus menjadi peringatan dan bahwa kemajuan signifikan yang dicapai dalam kampanye Kalahkan ISIS tidak berarti kelompok tersebut tidak lagi berusaha untuk membentuk kembali.

“Pertarungan ini belum berakhir,” kata Stroul kepada Al Arabiya English.

3. ISIS Sudah Memiliki Rencana Matang Berikutnya



Foto/EPA

Brad Bowman, direktur senior Pusat Kekuatan Militer dan Politik di Yayasan Pertahanan Demokrasi, mengatakan kekhalifahan ISIS telah dikalahkan, namun ISIS sebagai kelompok teror belum dikalahkan. “Penting untuk tidak membingungkan keduanya,” katanya kepada Al Arabiya English.

Kegagalan untuk mempertahankan tekanan terhadap ISIS di Irak dan Suriah akan memungkinkan kelompok tersebut memiliki lebih banyak ruang untuk merencanakan dan melakukan serangan di luar negeri, kata Bowman.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More