Pesawat Nepal Jatuh saat Lepas Landas, 14 Orang Tewas

Rabu, 24 Juli 2024 - 14:40 WIB
Pesawat mengalami kecelakaan saat lepas landas di Nepal. Foto/BBC
KATHMANDU - Sedikitnya 14 orang tewas setelah sebuah pesawat jatuh saat lepas landas di ibu kota Nepal , Kathmandu, pada Rabu (24/7/2024).

Sekitar 19 orang berada dalam penerbangan Saurya Airlines yang menuju ke Pokhara, sebuah tujuan wisata populer. Ada 17 staf teknis Saurya Airline dan dua awak di dalam pesawat yang sedang dalam uji terbang.

“Hanya kapten yang diselamatkan hidup-hidup dan menerima perawatan di rumah sakit,” kata Tej Bahadur Poudyal, juru bicara Bandara Internasional Tribhuvan di Kathmandu.



Tayangan televisi menunjukkan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api dan asap hitam tebal membubung ke langit. Mereka juga menunjukkan pesawat terbang sedikit di atas landasan pacu dan kemudian miring sebelum jatuh. Gambar lain menunjukkan petugas penyelamat mengobrak-abrik sisa-sisa pesawat yang hangus, berserakan di ladang hijau subur.

Operasi pencarian saat ini sedang berlangsung dan ada kekhawatiran jumlah korban tewas akan bertambah. Mobil pemadam kebakaran dan ambulans dikerahkan ke lokasi setelah kejadian tersebut.

Juru bicara kepolisian Nepal Dan Bahadur Karki mengkonfirmasi kematian tersebut kepada BBC Nepal, dan menambahkan bahwa seorang pilot sedang dirawat karena cedera.



Saruya Airlines mengoperasikan penerbangan ke lima tujuan di Nepal, dengan armada tiga jet Bombardier CRJ-200, menurut situs web perusahaan. Saurya mengoperasikan penerbangan domestik di Nepal dengan dua jet regional Bombardier CRJ-200, keduanya berusia sekitar 20 tahun, menurut Flight Radar 24.

Nepal telah dikritik karena catatan keamanan udaranya yang buruk. Pada bulan Januari 2023, setidaknya 72 orang tewas dalam kecelakaan Yeti Airlines yang kemudian dikaitkan dengan pilotnya yang secara keliru memutus aliran listrik.

Insiden paling mematikan terjadi pada tahun 1992, ketika sebuah Airbus Pakistan International Airlines jatuh di lereng bukit saat mendekati Kathmandu, menewaskan 167 orang. Baru-baru ini, setidaknya 72 orang tewas di pesawat Yeti.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More