Direktur Secret Service soal Sniper Tembak Donald Trump: Kami Gagal!

Selasa, 23 Juli 2024 - 09:04 WIB
Direktur Secret Service AS Kimberly Cheatle akui gagal setelah seorang sniper menembak Donald Trump saat kampanye 13 Juli di Pennsylvania. Foto/EPA-EFE/MICHAEL REYNOLDS
WASHINGTON - Direktur Secret Service Amerika Serikat (AS) Kimberly Cheatle mengakui bahwa dia dan lembaganya gagal ketika seorang sniper menembak Donald Trump saat kampanye 13 Juli di Pennsylvania.

Pengakuan itu disampaikan kepada Kongres Amerika pada hari Senin. Donald Trump, sebagai mantan presiden dan calon presiden (capres) dari Partai Republik semestinya mendapat perlindungan ekstra dari Secret Service.

Beruntung, upaya sniper untuk membunuh Trump gagal meski capres Partai Republik itu terluka setelah bagian atas telinga kanannya tertembus peluru.



"Kami gagal," kata Cheatle.

"Sebagai direktur Secret Service Amerika Serikat, saya bertanggung jawab penuh atas segala pelanggaran keamanan,” lanjut Cheatle, yang menghadapi seruan Partai Republik agar dia dicopot, dalam kesaksiannya di hadapan Komite Pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).



“Upaya pembunuhan terhadap mantan Presiden Donald Trump pada 13 Juli adalah kegagalan operasional paling signifikan di Secret Service dalam beberapa dekade,” kata Cheatle.

Menghadapi klaim Partai Republik bahwa Secret Service tidak memberikan sumber daya untuk melindungi Trump, dia mengatakan keamanan bagi mantan presiden tersebut telah meningkat menjelang penembakan.

“Tingkat keamanan yang diberikan kepada mantan presiden meningkat jauh sebelum kampanye dan terus meningkat seiring dengan berkembangnya ancaman,” kata Cheatle.

“Misi kami bukan bersifat politis. Ini benar-benar masalah hidup dan mati.”

Sidang pada hari Senin menandai putaran pertama pengawasan Kongres terhadap percobaan pembunuhan tersebut.

Pada hari Rabu, Direktur FBI Christopher Wray akan hadir di hadapan Komite Kehakiman DPR.

Ketua DPR Mike Johnson juga akan membentuk satuan tugas bipartisan yang berfungsi sebagai titik penghubung untuk penyelidikan DPR.

Cheatle telah menolak seruan pengunduran dirinya dari para petinggi Partai Republik termasuk Johnson dan Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell.

Komite Pengawas DPR dari Partai Republik, James Comer, menggemakan seruan tersebut pada sidang tersebut.

“Saya sangat yakin, Direktur Cheatle, bahwa Anda harus mengundurkan diri,” kata anggota Partai Republik dari Kentucky itu.

“Secret Service memiliki ribuan karyawan dan anggaran yang besar. Namun kini hal itu menjadi bentuk ketidakmampuan.”

Anggota Parlemen Partai Demokrat Gerry Connolly berkata, “Insiden yang tidak dapat diterima seperti ini menyoroti fakta bahwa kita adalah negara yang semakin terpolarisasi dan mengalami ketegangan politik yang meningkat.”

Penembakan saat kampanye di luar ruangan di Butler, Pennsylvania, melukai telinga Trump, menewaskan satu peserta kampanye, dan melukai lainnya.

Tersangka penembak, asisten panti jompo berusia 20 tahun Thomas Crooks, ditembak mati oleh agen Secret Service.

Belum jelas apa motif penembakan tersebut.

Insiden ini telah membuat marah anggota Parlemen, yang mengatakan tersangka dapat mencapai Trump di atap gedung terdekat karena kelemahan keamanan di lembaga pimpinan Cheatle, yang bertugas melindungi presiden dan mantan presiden AS.

Komite Kehakiman DPR mengatakan pekan lalu bahwa mereka memiliki bukti bahwa Secret Service tidak memiliki sumber daya yang memadai untuk kampanye Trump, karena kekurangan staf yang disebabkan oleh acara kampanye saingannya di Pittsburgh dengan Ibu Negara Jill Biden dan pertemuan puncak NATO yang diadakan beberapa hari sebelumnya di Washington.

Cheatle mengatakan kepada anggota Parlemen bahwa badan ibu negara dilindungi 36 orang setiap hari, serta para pemimpin dunia yang mengunjungi Amerika Serikat termasuk Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang akan berpidato di sidang gabungan Kongres minggu ini.

Presiden Joe Biden pada hari Minggu mengakhiri upayanya untuk terpilih kembali, mendukung Wakil Presiden Kamala Harris untuk menggantikannya sebagai kandidat presiden. Dia bersumpah untuk menjabat sampai akhir masa jabatannya pada 20 Januari 2025.
(mas)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More