4 Raja Arab Saudi dengan Masa Jabatan Terlama, Ada yang Sampai 23 Tahun

Jum'at, 19 Juli 2024 - 14:53 WIB
Raja Fahd bin Abdulaziz al-Saud, salah satu penguasa terlama Kerajaan Arab Saudi. Dia berkuasa 23 tahun. Foto/SPA
JAKARTA - Terdapat empat raja Arab Saudi yang paling lama menjabat sepanjang sejarah. Raja di kerajaan tersebut berperan sebagai kepala negara dan pemerintahan yang memegang kekuasaan absolut.

Sepanjang sejarahnya, telah ada tujuh raja yang memimpin Arab Saudi. Mulai dari Raja Abdulaziz bin Abdul Rahman al-Saud pada tahun 1932, hingga yang saat ini memimpin; Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Sejak Kerajaan Arab Saudi didirikan, raja yang memimpin tetap berasal dari Wangsa Saud. Para raja ini hanya bisa digantikan oleh penerusnya atas dasar dua sebab, yakni kematian atau kehendak raja itu sendiri.



Karena itulah mayoritas Raja Arab Saudi sukses memimpin dalam jangka waktu yang sangat lama, bahkan hingga puluhan tahun. Untuk saat ini, Raja Salman telah memimpin selama 9 tahun sejak 2015 silam.



4 Raja Arab Saudi dengan Masa Jabatan Terlama

1. Faisal bin Abdulaziz al-Saud



Faisal bin Abdulaziz Al Saud atau Raja Faisal memimpin Arab Saudi ketika usianya menginjak 58 tahun pada 2 November 1964 hingga pembunuhannya pada 25 Maret 1975. Dengan demikian, dia telah berkuasa selama 11 tahun.

Raja Faisal, yang lahir pada 14 April 1906, sempat menjabat sebagai Putra Mahkota Arab Saudi dari 9 November 1953 hingga 2 November 1964. Dia juga sempat menjadi wali raja untuk saudara tirinya; Raja Saud, pada tahun 1964.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More