5 Fakta Kota Beirut, Ibu Kota Lebanon yang Dijuluki Paris-nya Timur Tengah

Kamis, 18 Juli 2024 - 14:47 WIB
Ibu Kota Lebanon, Beirut, memiliki lima fakta unik. Salah satunya dijuluki Paris-nya Timur Tengah. Foto/REUTERS
JAKARTA - Beirut merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di Lebanon. Letaknya berada di semenanjung yang membentang di sebelah barat laut Mediterania.

Beirut telah melewati banyak peristiwa dahsyat yang mungkin akan terus terkenang. Sebut saja seperti Perang Saudara pada tahun 1970-an, Perang Lebanon tahun 2006, hingga potensi ancaman serangan Israel yang beberapa waktu lalu gencar diberitakan akibat konflik Tel Aviv dengan Hizbullah.

Terlepas dari itu, Beirut yang menjadi Ibu Kota Lebanon juga memiliki sederet fakta menarik untuk diketahui.





5 Fakta Uni Kota Beirut

1. Masuk Daftar Kota Tertua di Dunia



Beirut memiliki sejarah panjang dalam keberadaannya. Sejumlah sumber bahkan menyebut bahwa kota ini telah dihuni selama lebih dari 5.000 tahun lamanya.

Status tersebut membuatnya masuk dalam daftar kota tertua di dunia. Sepanjang masa tersebut, Beirut sudah sering beralih kekuasaan dan budayanya pun mendapat pengaruh dari banyak peradaban, termasuk Yunani, Romawi, Arab, hingga Ottoman.

Penyebutan pertama Beirut dapat ditelusuri kembali ke surat-surat Tell el Amarna dari Kerajaan Mesir yang berasal dari era abad ke-14 hingga ke-15 Sebelum Masehi (SM). Beberapa kota tua lainnya di seluruh dunia adalah Damaskus, Yerusalem, dan Jericho.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More