4 Negara Asia Tenggara Sekutu Rusia, Siapa Saja?

Kamis, 11 Juli 2024 - 16:45 WIB
Pada hubungannya, ada beberapa faktor yang membuat Vietnam tetap terikat dengan Rusia. Pertama, Moskow secara historis telah menjalin hubungan diplomatik dengan Hanoi sejak 1950.

Kemudian, Rusia juga menjadi mitra kunci dalam beberapa proyek Vietnam di Laut China Selatan. Sayangnya, kedekatan tersebut menjadi canggung mengingat Hanoi yang juga membutuhkan dukungan Amerika Serikat untuk memajukan ambisi ekonominya.

Terbaru, Vladimir Putin berkunjung ke Hanoi dan menandatangani lebih dari selusin kesepakatan. Bersama tawaran untuk memasok bahan bakar fosil, termasuk gas alam ke Vietnam, Moskow berupaya meningkatkan hubungan di Asia guna mengimbangi peningkatan isolasi internasional atas perangnya di Ukraina.

4. Laos



Belakangan, Rusia berupaya membangun hubungan kembali dengan Laos. Dalam hal ini, Moskow ingin memiliki relasi yang sama seperti era Uni Soviet dulu.

Selama beberapa tahun terakhir, hubungan bilateral di antara kedua negara juga berkembang pesat. Laos menjadi salah satu mitra politik Federasi Rusia yang paling dapat diandalkan di Asia Timur dan Pasifik.

Kerja sama dalam berbagai bidang pun terus digencarkan. Laos sendiri menjadi salah satu negara yang abstain saat pengambilan keputusan mengecam perang Rusia di Ukraina.

Itulah sejumlah negara Asia Tenggara sekutu Rusia yang bisa diketahui.

(sya)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More