5 Tantangan Presiden Baru Iran, dari Mengakhiri Isolasi hingga Kebijakan Luar Negeri

Minggu, 07 Juli 2024 - 20:10 WIB
Pezeshkian berulang kali memuji Khamenei dalam pidatonya pada hari Sabtu, yang menurut Serdar dari Al Jazeera tampaknya menggarisbawahi bahwa presiden terpilih tersebut berusaha menghindari keretakan dengan lembaga politik Iran.

“Dia sekali lagi mengulangi bahwa dia bukan presiden hanya bagi kaum reformis tetapi juga bagi setiap orang Iran yang tidak memilihnya,” katanya. “Hal ini sangat penting, karena Iran secara sosial merupakan negara yang terpecah belah saat ini dan kerapuhan tersebut menjadi perhatian besar bagi para pemimpin politik.

3. Kebijakan Luar Negeri yang Pragmatis



Foto/AP

Analis politik mengatakan kemenangan Pezeshkian mungkin akan mendorong terciptanya kebijakan luar negeri yang pragmatis, meredakan ketegangan atas negosiasi yang terhenti dengan negara-negara besar dunia untuk menghidupkan kembali perjanjian nuklir tahun 2015 dan meningkatkan prospek liberalisasi sosial di Iran.

Kedua kandidat presiden telah berjanji untuk menghidupkan kembali perekonomian yang lesu, yang dilanda salah urus dan penerapan kembali sanksi sejak tahun 2018 setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump secara sepihak membatalkan perjanjian nuklir.

4. Mewujudkan Perubahan



Foto/AP

Tohid Asadi, seorang profesor di Universitas Teheran, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa kemenangan Pezeshkian menunjukkan bahwa banyak orang Iran tertarik pada “perubahan kebijakan dalam dan luar negeri”.

Meski begitu, Asadi menjelaskan bahwa politik Iran adalah “mekanisme yang sangat dinamis dan kompleks” di mana presiden hanyalah salah satu aktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More