5 Fakta Kemenangan Partai Buruh, Salah Satunya Isu Palestina Jadi Penentu

Sabtu, 06 Juli 2024 - 22:22 WIB

4. Kelompok Independen Pro-Palestina Menantang Sistem Tersebut

Lima tokoh independen pro-Palestina memenangkan kursi ketika perang Israel di Gaza menjadi isu utama bagi para pemilih di Inggris.

Corbyn memegang kursinya di Islington North sebagai kandidat independen. Shockat Adam di Leicester Selatan, Ayoub Khan di Birmingham Perry Barr, Adnan Hussain di Blackburn dan Iqbal Mohamed di Dewsbury dan Batley semuanya memenangkan kursi.

“Ini untuk masyarakat Gaza,” kata Adam setelah diumumkan sebagai pemenang.

Semua pesaing ini mengalahkan petahana Partai Buruh.

Baik Partai Konservatif maupun Partai Buruh tidak menyerukan gencatan senjata segera. Mereka berdua mendukung apa yang mereka sebut “hak untuk membela diri” Israel, yang menyebabkan ketidakpuasan di kalangan pemilih pro-Palestina dan Muslim.

Di sisi lain, pemimpin Partai Pekerja sayap kiri Inggris, George Galloway, kehilangan kursi Rochdale yang ia menangkan dalam pemilihan sela pada bulan Februari dengan berkampanye menentang perang Gaza. Dia digulingkan oleh Paul Waugh dari Partai Buruh.

5. Liberal Demokrat Bangkit Kembali

Partai Demokrat Liberal yang dipimpin Ed Davey, yang berhaluan kiri-tengah, memenangkan 71 kursi – lebih banyak 63 kursi dibandingkan tahun 2019.

Sejak tahun 2010, ketika Partai Demokrat Liberal membentuk koalisi dengan Partai Konservatif untuk memungkinkan Partai Tories membentuk pemerintahan, tanpa memenangkan mayoritas kursi, popularitas Lib Dems telah menurun. Namun tahun ini, para pemilih tampaknya kembali mendukung mereka.

Partai tersebut memenangkan beberapa kursi penting, termasuk Chichester, yang sebelumnya dipegang oleh Sekretaris Pendidikan Konservatif Gillian Keegan. Anggota Lib Dem Jess Brown-Fuller memenangkan kursi dengan mayoritas 12.146.

Partai tersebut juga memenangkan kursi Lewes dengan perolehan keuntungan dari Konservatif setelah perubahan batas. James MacCleary menang dengan 50,6 persen suara, menggantikan mantan menteri kesehatan Konservatif Maria Caulfield yang hanya meraih 26,8 persen.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More