5 Fakta Kemenangan Partai Buruh, Salah Satunya Isu Palestina Jadi Penentu

Sabtu, 06 Juli 2024 - 22:22 WIB
Sementara itu, pemilu ini merupakan mimpi yang menjadi kenyataan bagi Farage, yang akhirnya maju ke House of Commons sebagai Anggota Parlemen pada upayanya yang kedelapan.

Daerah pemilihannya, Clacton-on-Sea, menyingkirkan petahana dari Partai Konservatif Giles Watling yang memegang kursi tersebut sejak 2017 dengan selisih yang cukup besar. Farage memenangkan 21.225 suara melawan 12.820 suara Watling.

Ketua Reformasi Inggris, Richard Tice, memenangkan Boston dan Skegness di Lincolnshire dan Rupert Lowe, mantan ketua klub sepak bola Southampton, mengambil Great Yarmouth dari Partai Konservatif, yang telah memegang daerah pemilihan selama 14 tahun masa partai tersebut di pemerintahan. .

3. Partai Buruh Menang, tapi Apakah Ini Populer?

Melansir Al Jazeera, tidak ada yang bisa meragukan kemenangan Partai Buruh, dalam hal jumlah kursi yang diraihnya. Hal ini membuat terobosan penting, seperti Tony Vaughan yang mengambil alih Folkestone dan Hythe yang diadakan Partai Konservatif sejak tahun 1950. Kota London dan Westminster berpindah tangan ke Partai Buruh untuk pertama kalinya.

Namun perolehan suara keseluruhan partai kiri-tengah meningkat kurang dari 2 poin persentase.

Meski meraih 64 persen kursi, partai tersebut hanya meraih 34 persen suara sebenarnya.

Pada tahun 2019, ketika partai tersebut dipimpin oleh Jeremy Corbyn, yang popularitasnya rendah dianggap sebagai penyebab kekalahan Partai Buruh, perolehan suara hanya sedikit.

Pemungutan suara pada hari Kamis dirusak oleh rendahnya jumlah pemilih. Enam puluh persen pemilih memberikan suara mereka, turun dari 67 persen pada tahun 2019. Jumlah ini merupakan jumlah pemilih terendah kedua, yang biasanya melebihi 65 persen, dalam pemilihan umum sejak tahun 1885.

“Dalam banyak hal, ini lebih terlihat seperti kekalahan yang dimenangkan oleh Partai Konservatif dibandingkan dengan kemenangan Partai Buruh,” tulis John Curtice, profesor politik di Universitas Strathclyde, untuk BBC.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More