Pemimpin Hizbullah dan Hamas Bahas Gencatan Senjata Gaza

Jum'at, 05 Juli 2024 - 21:30 WIB
Seorang tentara Israel dilaporkan tewas dan tentara yang lainnya terluka akibat serangan rudal dari Lebanon yang menargetkan kendaraan mereka.

Selain itu, sirene kembali terdengar di semua kota di Lembah Hula dan permukiman Israel di Dataran Tinggi Golan yang diduduki setelah penembakan dari Lebanon, tambah laporan itu.

Meningkatnya Ketegangan



Sejak dimulainya perang Israel di Gaza, pada 7 Oktober, gerakan Lebanon Hizbullah telah terlibat secara langsung, tetapi relatif terbatas dalam perang melawan penjajah Israel.

Menurut sumber-sumber Hizbullah, gerakan tersebut telah melakukan 1.194 operasi militer dalam 250 hari pertama perang, menewaskan dan melukai lebih dari 2.000 tentara Israel.

Israel telah menduduki sebagian wilayah Lebanon selama beberapa dekade dan baru meninggalkan negara itu pada tahun 2000, setelah perlawanan keras Lebanon di bawah kepemimpinan Hizbullah.

Israel berupaya menduduki kembali Lebanon pada tahun 2006 tetapi gagal dalam apa yang dianggap Lebanon sebagai kemenangan besar melawan Israel.

Namun, Israel terus menduduki sebagian wilayah Lebanon, yaitu wilayah Sheeba Farms.

Hizbullah telah berjanji merebut kembali setiap inci wilayah Lebanon yang telah diduduki rezim kolonial Israel. Aksi kolonialisasi ilegal oleh Israel ini sangat bertentangan dengan hukum internasional.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More