4 Strategi Putin dan Xi Jinping Perkuat Aliansi Pertahanan CSO untuk Melawan NATO

Kamis, 04 Juli 2024 - 13:50 WIB
Belakangan, juru bicara Putin mengatakan Erdogan tidak bisa bertindak sebagai perantara dalam konflik Rusia-Ukraina.

Dmitry Peskov, ketika ditanya oleh pewawancara televisi Rusia apakah Erdogan dapat mengambil peran tersebut, menjawab: “Tidak, itu tidak mungkin,” kantor berita Tass melaporkan.



4.Diperkuat Aliansi Rusia



Foto/AP

Sekutu dekat Rusia, Belarus, yang sebagian menjadi tempat Rusia melakukan invasi ke Ukraina, juga akan secara resmi bergabung dengan SCO pada hari Kamis.

Dalam sebuah wawancara dengan media pemerintah Kazakh, Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengatakan kelompok itu “menunjukkan kepada dunia bahwa ada platform internasional alternatif, pusat kekuasaan yang berbeda”.

Namun banyak kepentingan negara-negara anggota yang masih berbeda sejak berdirinya SCO pada tahun 2002.

Moskow dan Beijing bersaing untuk mendapatkan pengaruh di Asia Tengah, yang mencakup bekas republik Soviet, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Hanya Turkmenistan yang bukan anggota SCO.

Meskipun berada di bawah pengaruh Rusia selama beberapa dekade, wilayah yang kaya sumber daya ini telah menjadi kunci bagi proyek-proyek ekonomi dan perdagangan utama Beijing, termasuk proyek infrastruktur Belt and Road yang bertujuan untuk memperkuat rute perdagangan global ke China.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More