Iran Yakin Israel akan Pecundang Terbesar dalam Perang Melawan Hizbullah

Sabtu, 22 Juni 2024 - 17:04 WIB
Hizbullah mulai menyerang pangkalan militer di Israel utara sehari setelah pecahnya perang di Gaza pada tanggal 7 Oktober dalam apa yang dikatakannya sebagai “front dukungan” untuk mendukung kelompok-kelompok Palestina. Israel menanggapinya dengan mengebom desa-desa di selatan Lebanon dan posisi Hizbullah.

Meskipun bentrokan yang terjadi hampir setiap hari telah menyebabkan puluhan ribu orang mengungsi di Lebanon dan Israel, sebagian besar konflik berhasil diatasi di daerah perbatasan.

Namun kekerasan meningkat dalam beberapa pekan terakhir, terutama setelah serangan udara Israel menewaskan seorang komandan penting Hizbullah di Lebanon selatan pekan lalu.

Pada hari Jumat, Hizbullah mengklaim beberapa operasi militer terhadap Israel, termasuk serangan pesawat tak berawak yang menargetkan pasukan Israel di pangkalan pantai di sisi barat perbatasan.

AS telah mendorong penyelesaian diplomatik atas krisis ini sambil menyatakan keprihatinannya atas serangan Hizbullah. “Kami telah menegaskan dengan jelas bahwa kami tidak ingin melihat eskalasi konflik ini,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller kepada wartawan pada hari Kamis.

Sementara itu, Hizbullah mengatakan mereka akan melanjutkan operasi melawan militer Israel sampai Israel mengakhiri perangnya di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 37.000 warga Palestina.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More