7 Fakta Kedatangan Putin ke Korut, dari Kemitraan Strategis dan Memperteguh Permusuhan dengan Barat

Kamis, 20 Juni 2024 - 13:45 WIB

2. Simbiosis Mutualisme antara Pyongyang dan Moskow



Foto/AP

Melansir AP, kunjungan Putin terjadi di tengah meningkatnya kekhawatiran mengenai pengaturan senjata di mana Korea Utara akan memberikan Rusia amunisi yang sangat dibutuhkan untuk memicu perang Moskow di Ukraina, dengan imbalan bantuan ekonomi dan transfer teknologi yang dapat meningkatkan ancaman yang ditimbulkan oleh program senjata nuklir dan rudal Kim.

Korea Utara berada di bawah sanksi berat Dewan Keamanan PBB atas program senjatanya, sementara Rusia juga menghadapi sanksi dari Amerika Serikat dan mitra Baratnya atas agresi mereka di Ukraina.

Setelah pembicaraan tatap muka, keduanya mungkin akan mengeluarkan pernyataan bersama dan Kim akan menjadi tuan rumah resepsi. Putin diperkirakan akan berangkat pada Rabu malam menuju Vietnam.



3. Terikat Sejarah Masa Lalu



Foto/AP

Putin memuji hubungan tersebut dengan tentara Soviet yang melawan militer Jepang di Semenanjung Korea pada saat-saat terakhir Perang Dunia II, dan dukungan Moskow terhadap Pyongyang selama Perang Korea.

Kim mengatakan hubungan antara Moskow dan Pyongyang sekarang menjadi lebih dekat dibandingkan pada masa Soviet dan menyebut kunjungan Putin sebagai kesempatan untuk memperkuat “persahabatan berapi-api” mereka.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More