Siapa Mark Rutte? Si Teflon yang Ingin Menjadi Pemimpin Perang Melawan Rusia

Rabu, 19 Juni 2024 - 20:20 WIB

5. Mampu Mengalahkan Klaus Iohannis



Foto/AP

Sekretaris Jenderal NATO bertanggung jawab untuk memimpin pertemuan dan memandu konsultasi yang terkadang rumit di antara negara-negara anggota untuk memastikan bahwa organisasi yang beroperasi berdasarkan konsensus dapat terus berfungsi.

Rutte adalah kandidat pilihan mayoritas sekutu NATO, termasuk negara-negara anggota besar seperti Amerika Serikat dan Jerman. Awal tahun ini, Turki menyuarakan penolakannya terhadap tawaran Rutte namun mencabut keberatannya pada bulan April.

Kendala terakhir adalah pencalonan Presiden Rumania Klaus Iohannis, yang mendekati akhir masa jabatan lima tahun keduanya sebagai kepala negara, namun para pejabat dan analis yakin hal itu tidak akan menimbulkan masalah besar.

Stoltenberg dipandang memegang kendali NATO selama satu dekade dan mandatnya telah diperpanjang beberapa kali. Biden dan rekan-rekan NATO-nya dijadwalkan menunjuk penggantinya ketika mereka bertemu di Lituania pada Juli 2023, namun tidak ada konsensus yang dapat ditemukan mengenai penggantinya.

“Saya bersungguh-sungguh, Anda luar biasa. Saya hanya berharap Anda memperpanjang masa jabatan Anda 10 tahun lagi,” kata Biden saat bertemu dengan mantan perdana menteri Norwegia di Gedung Putih pada hari Senin.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More