Salahkan Militer Israel, Anak PM Netanyahu Tuding Ada Kudeta Jelang Serangan 7 Oktober

Senin, 17 Juni 2024 - 20:02 WIB
Rencana tersebut dilaporkan berupa serangan roket, penggunaan drone untuk menonaktifkan kamera keamanan, dan invasi dengan berjalan kaki, sepeda motor, dan paralayang.

“Mengapa para panglima militer dan intelijen selalu mengatakan kepada [perdana menteri] bahwa Hamas merasa gentar? Di mana angkatan udara pada 7/10?” lanjutan postingan Yair Netanyahu.

Postingan tersebut diakhiri dengan catatan bahwa “sebuah komisi investigasi negara,” yang sedang dicari oleh para pemohon, diketuai oleh seorang hakim dari Pengadilan Tinggi, “dan oleh karena itu hampir selalu digunakan sebagai komite yang menutup-nutupi kelompok sayap kiri. ”

Badan peradilan sering menjadi sasaran kemarahan dari kelompok sayap kanan, dan khususnya dari pemerintahan Netanyahu, yang berupaya membatasi kekuasaan Pengadilan Tinggi pada tahun sebelum pecahnya perang, sehingga memicu kontroversi besar dan gerakan protes berskala besar.

Penuh Kontroversi

Selalu mengundang kontroversi, Yair Netanyahu dikenal karena kehadiran online-nya yang provokatif dan telah menghadapi tindakan hukum atas aktivitas media sosialnya.

Pada hari Sabtu, dia membagikan postingan yang menyebut para pemimpin keamanan sebagai “kegagalan fatal.”

Bulan lalu, dia membagikan video seorang tentara cadangan IDF yang bertopeng dan berjanji setia kepada perdana menteri sambil mengancam akan melakukan pemberontakan terhadap Kepala IDF Halevi dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant jika militer tidak mengejar “kemenangan penuh” atas Hamas.

Menuding Halevi Memprakarsai Kudeta Militer

Pada bulan Desember, ia menyukai postingan media sosial yang menuduh Halevi memprakarsai kudeta militer de facto pada tanggal 7 Oktober, mengklaim bahwa panglima militer tersebut mengetahui sebelumnya tentang serangan Hamas yang menghancurkan tersebut tetapi tidak memberi tahu perdana menteri.

Serangan nyata terhadap lembaga pertahanan tidak hanya terbatas pada putra perdana menteri – pada hari Minggu, Netanyahu dilaporkan mengatakan kepada para menteri, “Kita memiliki negara dengan tentara, bukan tentara dengan negara.”

Yair Netanyahu, yang sekarang tinggal di dekat Miami, dilaporkan pindah ke Florida tahun lalu setelah perdana menteri dan istrinya menuntut agar dia berhenti memposting di media sosial dan tidak berbicara langsung dengan anggota parlemen atau menteri di tengah tuduhan bahwa dia mengobarkan ketegangan di Israel dan memperburuk keretakan diplomatik. dengan Amerika Serikat.

Bersamaan dengan kehadiran media sosial yang kontroversial, Yair Netanyahu telah menghadapi kritik karena tetap tinggal di AS meskipun perang pecah, ketika puluhan ribu warga Israel kembali ke negaranya untuk bergabung dengan lebih dari 300.000 tentara cadangan yang awalnya dipanggil.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More