Rusia Kerahkan Sistem Rudal Tercanggih S-500 ke Crimea setelah S-400 Dihancurkan Ukraina

Minggu, 16 Juni 2024 - 08:04 WIB
Rusia kerahkan sistem rudal rercanggih S-500 ke Crimea setelah sistem S-300 dan S-400-nya di wilayah itu dihancurkan oleh serangan Ukraina. Foto/Creative Commons via The Defense Post
KYIV - Angkatan Bersenjata Rusia telah memindahkan sistem pertahanan rudal tercanggih S-500 ke wilayah Crimea. Demikian diungkap kepala Direktorat Utama Intelijen Ukraina Kyrylo Budanov.

Pengerahan sistem rudal Prometheus itu dilakukan Moskow setelah setelah serangan Kyiv menghancurkan sistem rudal S-300 dan S-400 pada 10 dan 12 Juni lalu.

“Sistem pertahanan udara Rusia sedang diperkuat,” tulis Kyiv Independence, Sabtu (15/6/2024), mengutip pernyataan Budanov.



“Ini cukup jelas dan bisa dimengerti. Elemen terbaru dari S-500 telah muncul. Pada prinsipnya, ini akan menjadi aplikasi eksperimental mereka, namun mereka sudah muncul di sana [di Crimea].”



Serangan Ukraina di Crimea



Perkembangan ini menyusul dua kali serangan Ukraina di semenanjung Crimea dalam seminggu terakhir.

Sistem pertahanan udara S-400 Rusia diserang di dekat Dzhankoi pada 10 Juni, bersama dengan dua S-300 di dekat Chornomorske dan Yevpatoria, menurut Angkatan Bersenjata Ukraina.

Dua hari kemudian, pasukan Ukraina menghancurkan radar kedua sistem tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More