Inilah 6 Capres Iran untuk Gantikan Raisi, Ahmadinejad Tersingkir

Senin, 10 Juni 2024 - 08:15 WIB
Awalnya, 80 warga Iran mendaftarkan pencalonan mereka untuk pilpres 28 Juni.

Kandidat paling terkenal adalah Mahmoud Ahmadinejad, yang, pada usia 67 tahun, ingin kembali menjadi presiden—posisi yang dipegangnya selama dua periode berturut-turut dari tahun 2005 hingga 2013.

Ahmadinejad telah didiskualifikasi untuk ketiga kalinya, menyusul kegagalannya dalam pencalonan pada pilpres tahun 2017 dan 2021.

Ahmadinejad, yang pernah menjadi sekutu favorit Pemimpin Tertinggi Khamenei, tidak lagi disukai pemimpin tertinggi tersebut selama masa jabatan keduanya dan sejak itu dikesampingkan.

Tokoh terkemuka lainnya yang didiskualifikasi adalah Ali Larijani, mantan ketua parlemen yang kini dianggap “moderat” dalam politik Iran.

Larijani juga menghadapi diskualifikasi pada pilpres 2021.

Kandidat lain yang didiskualifikasi termasuk mantan gubernur bank sentral Abdolnasser Hemmati, yang mencalonkan diri pada tahun 2021 tetapi kalah dari Raisi.

Kemudian ada mantan wakil presiden Eshaq Jahangiri, yang juga didiskualifikasi pada pilpres tahun 2021; dan mantan komandan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Vahid Haghanian.

Di Iran, pemimpin tertinggi, bukan presiden, yang memegang otoritas tertinggi atas semua urusan negara, termasuk kebijakan luar negeri dan program nuklir.

Khamenei (85) telah menjadi pemimpin tertinggi Iran sejak tahun 1989.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More