Spanyol, Norwegia dan Irlandia Resmi Mengakui Negara Palestina

Selasa, 28 Mei 2024 - 21:14 WIB
Setelah pertemuan para menteri luar negeri UE pada hari Senin, Menteri Luar Negeri Irlandia Micheál Martin mengatakan “untuk pertama kalinya pada pertemuan UE, secara nyata, saya telah melihat diskusi signifikan mengenai sanksi” terhadap Israel.

Harris, pemimpin Irlandia, pada hari Selasa bersikeras bahwa UE harus mempertimbangkan sanksi ekonomi terhadap Israel, dengan mengatakan “Eropa bisa melakukan lebih banyak lagi.”

Norwegia, yang bukan anggota UE namun sering menyelaraskan kebijakan luar negerinya dengan blok tersebut, menyerahkan dokumen diplomatik kepada pemerintah Palestina pada akhir pekan sebelum pengakuan resminya.

Pada saat yang sama, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mendukung Pengadilan Kriminal Internasional, yang jaksa penuntutnya sedang meminta surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan lainnya, termasuk para pemimpin kelompok militan Hamas.

Deklarasi resmi dan perselisihan diplomatik yang diakibatkannya terjadi setelah tujuh bulan perang sengit yang dilancarkan Israel melawan Hamas di Gaza menyusul serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober di mana militan menyerbu perbatasan Gaza menuju Israel, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang. . Serangan udara dan darat Israel telah menewaskan 36.000 warga Palestina, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Pengumuman bersama oleh Spanyol, Irlandia dan Norwegia minggu lalu memicu kemarahan dari pihak berwenang Israel, yang memanggil duta besar negara-negara tersebut di Tel Aviv ke Kementerian Luar Negeri, di mana mereka difilmkan saat diperlihatkan video serangan dan penculikan Hamas pada 7 Oktober.

Sekitar 140 negara – lebih dari dua pertiga anggota PBB – mengakui negara Palestina. Masuknya tiga negara Eropa Barat ke dalam kelompok tersebut kemungkinan akan memberikan tekanan pada negara-negara besar Uni Eropa, Prancis dan Jerman, untuk memikirkan kembali posisi mereka.

Perdana Menteri Slovenia Robert Golob mengatakan pada hari Senin bahwa pemerintahannya akan memutuskan pengakuan negara Palestina pada hari Kamis dan meneruskan keputusannya ke parlemen untuk persetujuan akhir.

Amerika Serikat dan Inggris, antara lain, mendukung gagasan negara Palestina merdeka bersama Israel, namun mengatakan hal itu harus dilakukan sebagai bagian dari penyelesaian yang dinegosiasikan. Pemerintahan Netanyahu mengatakan konflik tersebut hanya dapat diselesaikan melalui negosiasi langsung.

Dalam pidatonya pada hari Selasa, Sánchez mengatakan bahwa pengakuan negara Palestina adalah “keputusan yang tidak kami ambil terhadap siapa pun, apalagi terhadap Israel, orang-orang ramah yang kami hormati, yang kami hargai, dan yang ingin kami miliki bersama. hubungan terbaik.”
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More