5 Alasan Drone Hizbullah Jadi Momok Maut bagi Tentara Israel, dari Tiru Strategi Rusia dan Tak Terdeteksi Radar

Selasa, 28 Mei 2024 - 20:02 WIB

2. Mengganggu Ekonomi Israel



Foto/AP

Kemampuan Israel untuk bertahan melawan drone dan rudal jelajah menjadi jauh lebih sulit dengan penghancuran kapal udara pengintai Sky Dew yang canggih senilai USD230 juta oleh Hizbullah pada tanggal 15 Mei.

Kampanye drone dan rudal juga menimbulkan dampak sosial dan ekonomi yang sangat besar, memaksa lebih dari 60.000 penduduk keluar dari lahan pertanian dan rumah yang terletak dalam jarak 5 km dari perbatasan.



3. Sulit Dideteksi Radar Israel meski Berkecepatan 300 Km per Jam



Foto/AP

Tiga dari enam warga Israel yang terbunuh di wilayah tersebut pada bulan lalu tewas akibat serangan drone, kemungkinan besar adalah Ababil T2 buatan Iran yang membawa hulu ledak seberat 40 kg dan memiliki jangkauan 120 km.

Meskipun kecepatan drone ini mencapai 300 kilometer per jam, kecepatan ini tergolong lambat jika dibandingkan dengan rudal dan jet, sehingga sulit dideteksi oleh radar, terutama di lembah curam Israel bagian utara.

“Hizbullah terus memeriksa sistem deteksi Israel dengan meluncurkan UAV [kendaraan udara tak berawak] di berbagai rute dan profil penerbangan untuk mengungkap kesenjangan dan kelemahan,” kata laporan Alma, sebuah organisasi intelijen open source yang dijalankan oleh Letkol Zehavi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More