6 Dokumen Rahasia di Dunia, Ada Sudah Terungkap, Ada yang Belum Boleh

Senin, 24 Agustus 2020 - 09:26 WIB
Sejarah menyimpan banyak misteri. Ada yang sudah terungkap, ada yang belum. Ada banyak alasan mengapa dokumen rahasia yang menyimpan misteri itu tidak sembarangan boleh diungkap. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
SEJARAH menyimpan banyak misteri. Ada yang sudah terungkap, ada yang belum. Ada yang boleh diungkap, ada yang harus menunggu hingga waktu tertentu. (Baca juga: Teka-Teki Sejarah yang Belum Terpecahkan hingga Kini)

Ada banyak alasan mengapa dokumen rahasia yang menyimpan misteri itu tidak boleh sebarangan diungkap. Berikut dokumen-dokumen rahasia di dunia tersebut. (Baca juga: 10 Dokumen Paling Rahasia di Dunia, Salah Satunya tentang PKI)

1. Dokumen Rekaman Martin Luther King



Tertutup hingga 2027



Martin Luther King, Jr adalah penerima Nobel, pendeta baptis, dan aktivis HAM Afrika-Amerika. Ralph Abernathy adalah kolega dekat King dalam gerakan hak-hak sipil. Dalam otobiografinya berjudul Dan Walls Came Tumbling Down, Ralp menyebutkan King adalah seorang mata keranjang.

Ia juga menulis tentang rekaman Surveillance: “Aku ingat khususnya saat tinggal di Hotel Willard di Washington, di mana mereka tidak hanya menyimpan dalam audio, tetapi juga peralatan video. Kemudian, setelah mengumpulkan cukup dari ‘bukti’ yang akan berguna, mereka mulai mendistribusikan pada wartawan, ahli hukum,” ungkapnya. (Baca juga: 'Dokumen FBI' Sebut Martin Luther King Tertawa Lihat Wanita Diperkosa)

2. Dokumen Tenggelamnya Kapal RMS Lancastria

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :