10 Fakta Menarik Pesawat Kiamat AS sebagai Persiapan Menuju Perang Nuklir

Sabtu, 27 April 2024 - 19:09 WIB
AS terus mengembangkan pesawat kiamat. Foto/USAF
WASHINGTON - Amerika Serikat memiliki empat “Pesawat Kiamat”. Peninggalan dari Perang Dingin, pesawat ini dirancang untuk bertindak sebagai “Pusat Operasi Lintas Udara Nasional” dan masih kuat setelah lebih dari 40 tahun. Mereka menerbangkan Menteri Pertahanan AS dan staf penting lainnya, ke seluruh dunia sepanjang waktu.

Dirancang untuk menjaga agar pemerintah tetap beroperasi dan bertindak sebagai pusat komando bergerak jika terjadi bencana seperti serangan nuklir, jet-jet ini sangat berteknologi tinggi, dan satu-satunya tugas mereka adalah menjaga komunikasi tetap berjalan baik untuk operasi sipil maupun militer, jika hal yang tidak terpikirkan terjadi. .

10 Fakta Menarik Pesawat Kiamat AS sebagai Persiapan Menuju Perang Nuklir

1. Dikenal sebagai Nightwatch atau E4B



Foto/USAF

“Pesawat Kiamat”, atau dikenal sebagai pesawat “Nightwatch”, atau lebih tepatnya Boeing E-4B “Advanced Airborne Command Post” (AACP), versi militer dari Boeing 747-200, adalah pesawat militer komando dan kendali strategis diterbangkan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF).



Melansir interestingengineering, dirancang dan dibangun untuk program National Emergency Airborne Command Post (NEACP), armada empat pesawat terdiri dari serangkaian Boeing 747-200B yang telah diubah khusus menjadi seri E-4.

Pesawat ini secara nominal mirip dengan Air Force One tetapi telah dilengkapi dengan spektrum peralatan komunikasi terlengkap dan tercanggih yang pernah diterbangkan.

Setiap “Pesawat Kiamat” dilengkapi dengan berbagai alat komunikasi. Ini terdiri dari antena frekuensi sangat rendah yang dapat dibunyikan hingga lima mil (8 km) di belakang pesawat saat sedang terbang. Peralatan komunikasi frekuensi super tinggi dan “Milstar” juga ditempatkan di atas badan pesawat di dalam kubah atau tonjolannya yang khas.

2. Memiliki Sistem Komunikasi Paling Canggih



Foto/USAF

Menurut Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat, “Milstar” adalah “sistem komunikasi satelit layanan gabungan yang menyediakan komunikasi di seluruh dunia yang aman, tahan kemacetan, untuk memenuhi persyaratan penting masa perang bagi pengguna militer dengan prioritas tinggi. Konstelasi multi-satelit menghubungkan otoritas komando dengan beragam sumber daya, termasuk kapal, kapal selam, pesawat terbang, dan stasiun bumi”.

Intinya, masing-masing teknologi ini menjamin bahwa mereka dapat berkomunikasi dengan unit bersenjata di mana pun di dunia. Bukan hanya frekuensi rendah dan tinggi, namun hampir semua tingkat komunikasi, dari yang sepenuhnya terbuka hingga pribadi. Selain itu, setiap pesawat memiliki akses Internet dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan siapa pun, di mana pun melalui radio dan telepon.

3. Mampu Tahan Terhadap Serangan Nuklir



Foto/USAF

Informasi mengenai bagaimana tepatnya pesawat tersebut dapat menahan serangan nuklir masih dirahasiakan, namun diketahui bahwa komputer dan kabel di dalamnya diperkuat dengan pelindung termal dan nuklir. Kokpit berisi kontrol analog, dan stasiun kerja dilengkapi dengan telepon dan monitor berkabel yang dirancang untuk beroperasi jika terjadi pulsa elektromagnetik nuklir. Tidak ada jendela selain kokpit untuk melindungi sistem komunikasi dari panas luar atau gelombang elektromagnetik.

Pesawat dapat mengisi bahan bakar di tengah penerbangan selama masa perang. Mereka bisa mengoptimalkan waktu terbangnya, kecuali perbekalan kru tentunya.

Selain itu, setiap jendela di kokpit memiliki jaringan pelindung pulsa elektromagnetik (EMP) untuk melindungi sistem sensitif pesawat dari bahaya.

Untuk “Otoritas Komando Nasional”, yang terdiri dari Presiden Amerika Serikat, Menteri Pertahanan, dan pejabat berikutnya, setiap E-4 dimaksudkan untuk berfungsi sebagai pos komando bergerak yang tangguh. Skuadron Komando dan Kontrol Lintas Udara ke-595 Grup Komando dan Kontrol, yang berbasis di Pangkalan Angkatan Udara Offutt, tidak jauh dari Omaha, Nebraska, mengoperasikan empat pesawat E-4B.

Saat digunakan, E-4B disebut sebagai “Pusat Operasi Lintas Udara Nasional”.

Armada ini disusun dan dibangun pada masa ketika doktrin “Mutual Assured Destruction” (Penghancuran yang Saling Terjamin) berarti bahwa perang nuklir adalah sebuah bahaya yang jelas dan nyata, dan bagi banyak orang, hal ini mungkin tampak seperti pembunuhan yang berlebihan saat ini. Namun, pesawat ini selalu siap siaga terlepas dari berkurangnya kekhawatiran akan terjadinya bencana nuklir saat ini.

Ketiga E-4A telah diubah menjadi versi E-4B pada Januari 1985.

Meskipun rincian pastinya merupakan rahasia yang dijaga ketat, diyakini bahwa E-4B diperkirakan telah “dikeraskan” terhadap efek pulsa elektromagnetik nuklir (EMP) dari bom nuklir dan menjanjikan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan komunikasi selama ini. model sebelumnya. Dengan memperkuat pesawat, perlindungan EMP diberikan untuk semua elektronik dan kabel di dalam pesawat.



4. Terus Dikembangkan



Foto/USAF

“Pesawat Kiamat” adalah pesawat yang tangguh, namun sudah menua. Faktanya, mereka sudah melewati 20 tahun masa hidup yang diharapkan. Untuk tujuan ini, ada rencana untuk mencari pengganti yang cocok bagi mereka dan masa depan yang tidak terlalu lama.

Pada tahun 2021 dan 2022, Angkatan Udara AS mulai mengembangkan pengganti E-4. Platform baru tersebut saat ini dikenal sebagai “Survivable Airborne Operations Center” (SOAC).

Namun, pencarian penggantinya telah ditunda lebih dari satu kali, dan Angkatan Udara mengatakan pada awal tahun 2022 bahwa program tersebut masih “dalam tahap awal pengembangan.”
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More