8 Alasan Pemerintah Haiti Meminta Bantuan Pasukan Multinasional

Rabu, 06 Maret 2024 - 21:21 WIB
Haiti menginginkan bantuan pasukan multinasional untuk melawan geng bersenjata. Foto/Reuters
PORT-AU-PRINCE - Ketika aliansi geng-geng bersenjata dan kartel narkoba lengkap semakin kuat memperluas pengaruh mereka di ibu kota Haiti, pemerintahnya secara resmi meminta pasukan multinasional dikerahkan untuk membantu polisi memulihkan kendali atas kota tersebut.

8 Alasan Pemerintah Haiti Meminta Bantuan Pasukan Multinasional

1. Kondisi Keamanan Sudah Kacau Balau



Foto/Reuters

Kemajuan masih tertinggal, namun ketika Perdana Menteri Ariel Henry melakukan perjalanan ke Kenya pekan lalu untuk menandatangani kesepakatan yang diharapkan dapat mengamankan kepemimpinan Kenya. Apalagi, pertempuran meningkat secara dramatis ketika orang-orang bersenjata berhasil mengeluarkan ribuan orang dari penjara, pihak berwenang mengumumkan keadaan darurat dan ribuan pengungsi melarikan diri untuk mencari pekerjaan darurat.

PBB memperkirakan ratusan ribu orang terpaksa mengungsi dan ribuan lainnya tewas dalam keseluruhan konflik, dengan laporan luas mengenai pemerkosaan, penyiksaan dan penculikan dengan uang tebusan.





2. Sudah Meminta Bantuan Pasukan Internasional sejak 2022



Foto/Reuters

Melansir Reuters, Henry pertama kali menyerukan kekuatan internasional yang cepat pada bulan Oktober 2022 untuk membantu polisi nasional melawan geng-geng yang dengan cepat meningkatkan pengaruhnya dan persenjataan militer di sekitar ibu kota, Port-au-Prince, yang memicu krisis kemanusiaan yang menghancurkan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More