Berapa Lama Sistem Kerajaan di Timur Tengah Bisa Bertahan?
Senin, 12 Februari 2024 - 20:20 WIB
RIYADH - Sistem pemerintahan berbasis pada kerajaan masih bertahan hingga saat ini, terutama di negara-negara Timur Tengah . Berapa lama sistem pemerintahan kerajaan di Timur Tengah akan bertahan?
Sentimen Republik di negara-negara Arab yang masih terpendam menjadi salah satu alasan polemik sistem kerajaan. Ditambah lagi dengan konflik di Timur Tengah yang terus memanas juga menjadi permasalahan yang bisa menjadi bumerang di kemudian hari.
Dengan sistem kerajaan, maka suksesi selalu menjadi yang menarik. Apalagi, sejarah mencatat bahwa raja-raja di Timur Tengah – terutama yang berumur panjang – juga mempunyai keterampilan yang cerdik dan ingatan intuitif yang sama.
Qaboos bin Said adalah sultan Oman selama lima puluh tahun sebelum kematiannya pada tahun 2020. Pemimpin Arab yang paling lama menjabat pada saat itu, ia secara luas dipandang sebagai jangkar stabilitas bagi negaranya – yang ia kuasai melalui kudeta militer – dan juga sebagai pengamat berpengalaman di kawasan ini, sumber nasihat yang baik.
Demikian pula, Hussein dari Yordania pada masa hidupnya hampir dihormati oleh para diplomat asing, yang menulis kekagumannya atas tantangan-tantangan yang ia lalui baik di dalam negeri maupun di negara-negara tetangga Yordania. Mempertahankan takhta dalam lingkungan seperti itu dianggap sebagai pencapaian besar.
Inilah paradoks monarki Arab: masing-masing monarki dianggap sebagai titik stabilitas di masa-masa penuh gejolak, namun mempertahankan takhta adalah pekerjaan penuh waktu – dan jika seseorang melakukannya seperti yang dilakukan Hussein, maka hal tersebut dianggap sebagai pencapaian yang mustahil.
Banyak monarki Arab yang digulingkan antara berdirinya Timur Tengah modern setelah Perang Dunia Kedua dan berakhirnya Perang Dingin: di Mesir, Irak, Tunisia, Yaman, dan Libya monarki tidak mampu menahan perubahan dalam pemerintahan.
Dalam kondisi Perang Dingin yang penuh gejolak, kerajaan-kerajaan harus memutuskan apakah akan memihak Amerika Serikat, meskipun mungkin bertentangan dengan sentimen populer – seperti di Iran, di mana komunis dan gerakan keagamaan Ruhollah Khomeini menggulingkan Syah terakhir pada tahun 1979 – atau bergabung dengan Amerika Serikat. Uni Soviet dan rezim kontroversial lainnya, seperti rezim Saddam Hussein di Irak.
Melansir The New Arab, pertempuran terpisah terjadi antara raja dan pemimpin pan-Arab, yang sering kali menggulingkan monarki yang bersekutu dengan kekuatan kekaisaran Inggris dan Prancis bersama dengan Uni Soviet dan terkadang, seperti dalam kudeta Mesir tahun 1952, dengan Amerika Serikat.
Monarki yang bertahan masing-masing memiliki peran konotasi yang berbeda bagi raja. Semua raja di Timur Tengah lebih terlibat dalam politik dibandingkan raja-raja Eropa yang sangat konstitusional. Sebagian besar monarki di Timur Tengah menunjuk perdana menteri dari rakyat jelata. Di Arab Saudi, politik sangat dikendalikan oleh Kerajaan Saud sehingga rajalah yang menjadi perdana menterinya sendiri.
Meski begitu, penguasa de facto Arab Saudi adalah putra mahkota sama seperti raja, dengan Mohammed bin Salman, putra mahkota saat ini, yang secara efektif menjalankan negara atas nama ayahnya.
Di Uni Emirat Arab - sebuah federasi monarki individu - kepala negara adalah presiden terpilih: namun presiden selalu menjadi penguasa Abu Dhabi, saat ini Mohamed bin Zayed al Nahyan, yang merupakan kekuatan di balik kepresidenan saudaranya, Khalifa, yang meninggal pada bulan Mei.
Secara konstitusional, status pasti monarki di Inggris masih belum jelas. Hal ini berlaku di banyak negara monarki – bahkan yang paling absolut di Timur Tengah. Hukum ditandatangani atas nama raja. Pengadilan bertanggung jawab kepada raja dan menjalankan keadilan atas namanya. Namun mekanisme kekuasaan yang sebenarnya masih belum jelas.
Banyak yang telah ditulis pada dekade sebelumnya, ketika Arab Spring menggulingkan para diktator selama beberapa dekade, tentang kekuatan relatif monarki Arab.
Monarki Hashemite Yordania pernah dianggap sebagai salah satu yang paling stabil di wilayah tersebut. Berkuasa selama 100 tahun, para anggotanya belum pernah digulingkan oleh saingannya di dalam dewan penguasa – seperti yang terjadi, misalnya, di Oman pada tahun 1970 dalam kudeta yang membawa Qaboos bin Said ke tampuk kekuasaan.
Namun mulai bulan April 2021, monarki Yordania secara konsisten dihantam oleh apa yang menurut pihak berwenang merupakan rencana untuk menggulingkan raja, Abdullah II, yang melibatkan saudara tirinya, Hamzah.
Dugaan keluhan Hamzah mungkin bersifat pribadi, namun bagi banyak orang di Yordania pada saat itu, ia dengan cepat menjadi simbol kritik yang meluas terhadap korupsi pejabat, lambatnya pertumbuhan ekonomi, dan kelesuan politik secara umum.
Hamzah adalah sosok yang tampan dan gagah. Tahun lalu, ia cukup populer sehingga penangkapannya dianggap memperkuat ikatannya dengan masyarakat yang suaranya tidak terdengar dalam perdebatan ekonomi. Raja diasosiasikan dengan masa kini yang stagnan, sementara penantang diasosiasikan dengan kemungkinan masa depan perekonomian yang lebih baik.
Pada tahun 2022, monarki Yordania sekali lagi mencoba mendiskreditkan Hamzah dan berhasil membuat dia melepaskan gelar pangerannya dan tidak lagi terlibat dalam politik.
Hal ini merupakan tantangan yang dihadapi semua monarki di wilayah ini: kemungkinan bahwa meskipun monarki itu sendiri tetap stabil dan mengakar, seorang yang mengklaim takhta akan mendapatkan lebih banyak loyalitas baik di kalangan elit militer dan politik, atau di kalangan masyarakat yang cukup besar sehingga dapat menimbulkan masalah bagi negara. kepala yang dimahkotai saat ini.
Kondisi yang berlaku suatu negara dan perekonomiannya kemungkinan besar akan menentukan kekuatan dan kelangsungan hidup monarki.
“Bagi kerajaan-kerajaan Teluk, sulit untuk melepaskan diri dari dampak transformatif dari sumber daya hidrokarbon yang sangat besar,” kata Dr David Roberts, profesor di King’s College London, dilansir The New Arab.
Ketika hidrokarbon menjadi kurang penting dalam perekonomian global seiring peralihan dari energi yang menghasilkan emisi karbon, negara-negara monarki menghadapi tantangan besar terhadap sumber kekuasaan dan legitimasi mereka.
Baik di Arab Saudi maupun UEA, para raja bermaksud menciptakan sumber kekayaan nasional alternatif yang dirancang untuk menjaga negara-negara tersebut tetap kaya dan monarki mereka tetap berkuasa. Di UEA, negara ini telah beralih ke pariwisata dan jasa keuangan.
Di Arab Saudi, masa depan pasca-minyak merupakan subjek dari rencana Visi 2030 putra mahkota, yang mencakup investasi besar di bidang hiburan – termasuk olahraga seperti sepak bola, tinju, balap Formula Satu, dan golf – dan dorongan baru bagi pariwisata internasional, termasuk situs bersejarah al-Ula, dan penciptaan kota baru di masa depan, Neom, dan mitra anehnya The Line.
“Mendiversifikasi perekonomian negara-negara tersebut agar tidak bergantung pada sumber pendapatan dasar telah menjadi tujuan dari generasi ke generasi. Hasilnya menunjukkan bahwa negara-negara gagal melakukan diversifikasi secara berarti kecuali mereka terpaksa melakukannya – dan bahkan ketika sumber daya hampir habis, mereka beralih, seperti Bahrain, mengandalkan monarki lain untuk mendapatkan dukungan keuangan,” tulis Roberts.
Banyak analis mengambil pelajaran yang salah dari Arab Spring. Mereka mengklaim bahwa monarki lebih stabil dibandingkan pemerintahan pribadi diktator yang dipilih secara nominal, termasuk Hosni Mubarak dari Mesir, Muammar Gaddafi dari Libya, dan Zine El Abidine Ben Ali dari Tunisia. Hal ini hanya berlaku sampai batas tertentu.
Monarki absolut dan semi-konstitusional juga mempunyai masalah yang sama dengan kediktatoran: jika kondisi pemerintahan dan perekonomian suatu negara buruk, raja dapat menanggung kesalahan yang sama seperti yang dilakukan diktator karena kurangnya kebebasan atau kemiskinan dan lambatnya pertumbuhan. .
Kerajaan-kerajaan tidak kebal terhadap penggulingan, dan mereka juga tidak stabil secara naluriah. Seperti rezim lainnya, mereka bertahan dan jatuh tergantung pada seberapa baik mereka memerintah negara. Dan jika mereka tidak bisa melakukan hal tersebut dengan baik, mereka berisiko kehilangan popularitas raja dan ancaman hilangnya kekuasaan.
Sentimen Republik di negara-negara Arab yang masih terpendam menjadi salah satu alasan polemik sistem kerajaan. Ditambah lagi dengan konflik di Timur Tengah yang terus memanas juga menjadi permasalahan yang bisa menjadi bumerang di kemudian hari.
Dengan sistem kerajaan, maka suksesi selalu menjadi yang menarik. Apalagi, sejarah mencatat bahwa raja-raja di Timur Tengah – terutama yang berumur panjang – juga mempunyai keterampilan yang cerdik dan ingatan intuitif yang sama.
Qaboos bin Said adalah sultan Oman selama lima puluh tahun sebelum kematiannya pada tahun 2020. Pemimpin Arab yang paling lama menjabat pada saat itu, ia secara luas dipandang sebagai jangkar stabilitas bagi negaranya – yang ia kuasai melalui kudeta militer – dan juga sebagai pengamat berpengalaman di kawasan ini, sumber nasihat yang baik.
Demikian pula, Hussein dari Yordania pada masa hidupnya hampir dihormati oleh para diplomat asing, yang menulis kekagumannya atas tantangan-tantangan yang ia lalui baik di dalam negeri maupun di negara-negara tetangga Yordania. Mempertahankan takhta dalam lingkungan seperti itu dianggap sebagai pencapaian besar.
Inilah paradoks monarki Arab: masing-masing monarki dianggap sebagai titik stabilitas di masa-masa penuh gejolak, namun mempertahankan takhta adalah pekerjaan penuh waktu – dan jika seseorang melakukannya seperti yang dilakukan Hussein, maka hal tersebut dianggap sebagai pencapaian yang mustahil.
Banyak monarki Arab yang digulingkan antara berdirinya Timur Tengah modern setelah Perang Dunia Kedua dan berakhirnya Perang Dingin: di Mesir, Irak, Tunisia, Yaman, dan Libya monarki tidak mampu menahan perubahan dalam pemerintahan.
Dalam kondisi Perang Dingin yang penuh gejolak, kerajaan-kerajaan harus memutuskan apakah akan memihak Amerika Serikat, meskipun mungkin bertentangan dengan sentimen populer – seperti di Iran, di mana komunis dan gerakan keagamaan Ruhollah Khomeini menggulingkan Syah terakhir pada tahun 1979 – atau bergabung dengan Amerika Serikat. Uni Soviet dan rezim kontroversial lainnya, seperti rezim Saddam Hussein di Irak.
Melansir The New Arab, pertempuran terpisah terjadi antara raja dan pemimpin pan-Arab, yang sering kali menggulingkan monarki yang bersekutu dengan kekuatan kekaisaran Inggris dan Prancis bersama dengan Uni Soviet dan terkadang, seperti dalam kudeta Mesir tahun 1952, dengan Amerika Serikat.
Monarki yang bertahan masing-masing memiliki peran konotasi yang berbeda bagi raja. Semua raja di Timur Tengah lebih terlibat dalam politik dibandingkan raja-raja Eropa yang sangat konstitusional. Sebagian besar monarki di Timur Tengah menunjuk perdana menteri dari rakyat jelata. Di Arab Saudi, politik sangat dikendalikan oleh Kerajaan Saud sehingga rajalah yang menjadi perdana menterinya sendiri.
Meski begitu, penguasa de facto Arab Saudi adalah putra mahkota sama seperti raja, dengan Mohammed bin Salman, putra mahkota saat ini, yang secara efektif menjalankan negara atas nama ayahnya.
Di Uni Emirat Arab - sebuah federasi monarki individu - kepala negara adalah presiden terpilih: namun presiden selalu menjadi penguasa Abu Dhabi, saat ini Mohamed bin Zayed al Nahyan, yang merupakan kekuatan di balik kepresidenan saudaranya, Khalifa, yang meninggal pada bulan Mei.
Secara konstitusional, status pasti monarki di Inggris masih belum jelas. Hal ini berlaku di banyak negara monarki – bahkan yang paling absolut di Timur Tengah. Hukum ditandatangani atas nama raja. Pengadilan bertanggung jawab kepada raja dan menjalankan keadilan atas namanya. Namun mekanisme kekuasaan yang sebenarnya masih belum jelas.
Banyak yang telah ditulis pada dekade sebelumnya, ketika Arab Spring menggulingkan para diktator selama beberapa dekade, tentang kekuatan relatif monarki Arab.
Monarki Hashemite Yordania pernah dianggap sebagai salah satu yang paling stabil di wilayah tersebut. Berkuasa selama 100 tahun, para anggotanya belum pernah digulingkan oleh saingannya di dalam dewan penguasa – seperti yang terjadi, misalnya, di Oman pada tahun 1970 dalam kudeta yang membawa Qaboos bin Said ke tampuk kekuasaan.
Namun mulai bulan April 2021, monarki Yordania secara konsisten dihantam oleh apa yang menurut pihak berwenang merupakan rencana untuk menggulingkan raja, Abdullah II, yang melibatkan saudara tirinya, Hamzah.
Dugaan keluhan Hamzah mungkin bersifat pribadi, namun bagi banyak orang di Yordania pada saat itu, ia dengan cepat menjadi simbol kritik yang meluas terhadap korupsi pejabat, lambatnya pertumbuhan ekonomi, dan kelesuan politik secara umum.
Hamzah adalah sosok yang tampan dan gagah. Tahun lalu, ia cukup populer sehingga penangkapannya dianggap memperkuat ikatannya dengan masyarakat yang suaranya tidak terdengar dalam perdebatan ekonomi. Raja diasosiasikan dengan masa kini yang stagnan, sementara penantang diasosiasikan dengan kemungkinan masa depan perekonomian yang lebih baik.
Pada tahun 2022, monarki Yordania sekali lagi mencoba mendiskreditkan Hamzah dan berhasil membuat dia melepaskan gelar pangerannya dan tidak lagi terlibat dalam politik.
Hal ini merupakan tantangan yang dihadapi semua monarki di wilayah ini: kemungkinan bahwa meskipun monarki itu sendiri tetap stabil dan mengakar, seorang yang mengklaim takhta akan mendapatkan lebih banyak loyalitas baik di kalangan elit militer dan politik, atau di kalangan masyarakat yang cukup besar sehingga dapat menimbulkan masalah bagi negara. kepala yang dimahkotai saat ini.
Kondisi yang berlaku suatu negara dan perekonomiannya kemungkinan besar akan menentukan kekuatan dan kelangsungan hidup monarki.
“Bagi kerajaan-kerajaan Teluk, sulit untuk melepaskan diri dari dampak transformatif dari sumber daya hidrokarbon yang sangat besar,” kata Dr David Roberts, profesor di King’s College London, dilansir The New Arab.
Baca Juga
Ketika hidrokarbon menjadi kurang penting dalam perekonomian global seiring peralihan dari energi yang menghasilkan emisi karbon, negara-negara monarki menghadapi tantangan besar terhadap sumber kekuasaan dan legitimasi mereka.
Baik di Arab Saudi maupun UEA, para raja bermaksud menciptakan sumber kekayaan nasional alternatif yang dirancang untuk menjaga negara-negara tersebut tetap kaya dan monarki mereka tetap berkuasa. Di UEA, negara ini telah beralih ke pariwisata dan jasa keuangan.
Di Arab Saudi, masa depan pasca-minyak merupakan subjek dari rencana Visi 2030 putra mahkota, yang mencakup investasi besar di bidang hiburan – termasuk olahraga seperti sepak bola, tinju, balap Formula Satu, dan golf – dan dorongan baru bagi pariwisata internasional, termasuk situs bersejarah al-Ula, dan penciptaan kota baru di masa depan, Neom, dan mitra anehnya The Line.
“Mendiversifikasi perekonomian negara-negara tersebut agar tidak bergantung pada sumber pendapatan dasar telah menjadi tujuan dari generasi ke generasi. Hasilnya menunjukkan bahwa negara-negara gagal melakukan diversifikasi secara berarti kecuali mereka terpaksa melakukannya – dan bahkan ketika sumber daya hampir habis, mereka beralih, seperti Bahrain, mengandalkan monarki lain untuk mendapatkan dukungan keuangan,” tulis Roberts.
Banyak analis mengambil pelajaran yang salah dari Arab Spring. Mereka mengklaim bahwa monarki lebih stabil dibandingkan pemerintahan pribadi diktator yang dipilih secara nominal, termasuk Hosni Mubarak dari Mesir, Muammar Gaddafi dari Libya, dan Zine El Abidine Ben Ali dari Tunisia. Hal ini hanya berlaku sampai batas tertentu.
Monarki absolut dan semi-konstitusional juga mempunyai masalah yang sama dengan kediktatoran: jika kondisi pemerintahan dan perekonomian suatu negara buruk, raja dapat menanggung kesalahan yang sama seperti yang dilakukan diktator karena kurangnya kebebasan atau kemiskinan dan lambatnya pertumbuhan. .
Kerajaan-kerajaan tidak kebal terhadap penggulingan, dan mereka juga tidak stabil secara naluriah. Seperti rezim lainnya, mereka bertahan dan jatuh tergantung pada seberapa baik mereka memerintah negara. Dan jika mereka tidak bisa melakukan hal tersebut dengan baik, mereka berisiko kehilangan popularitas raja dan ancaman hilangnya kekuasaan.
(ahm)
tulis komentar anda