Siapa Ron DeSantis? Gubernur Negara Bagian Florida yang Jadi Penentu Kemenangan Donald Trump

Rabu, 24 Januari 2024 - 22:22 WIB
Gubernur Florida menjadi pendukung utama mantan Presiden AS Donald Trump untuk mendominasi tiket calon presiden dari Partai Republik. Foto/Reuters
WASHINGTON - Dulu, Ron Desantis yang dikenal sebagai Gubernur Negara Bagian Florida, Amerika Serikat, dianggap sebagai saingan terkuat Partai Republik bagi mantan Presiden Donald Trump dalam pemilu tahun 2024 yang ramai, namun banyak pemilih yang baru mulai mengenal gubernur berusia 44 tahun tersebut.

DeSantis disebut-sebut lagi karena Trump memenangkan pemilu pendahuluan Partai Republik di New Hampshire. Dia pun akan menjadi fondasi utama bagi Trump untuk mendapatkan nominasi calon presiden dari Partai Republik.

Siapa Ron DeSantis? Gubernur Negara Bagian Florida yang Penentu Kemenangan Donald Trump,

1. Dikenal sebagai Pemain Bisbol saat Muda



Foto/Reuters

Berasal dari Florida dengan akar keluarga di Midwest, DeSantis adalah pemain bisbol yang menonjol di masa mudanya. Dia mewakili skuad Dunedin, Florida, di Little League World Series 1991 sebelum menjadi kapten tim Universitas Yale.



Setelah sempat mengajar di sekolah menengah, dia melanjutkan ke Harvard Law School. Dia kemudian menjadi perwira Jenderal Advokat Hakim Angkatan Laut, posisi yang membawanya ke Irak dan kamp penahanan Teluk Guantanamo.

DeSantis mencalonkan diri sebagai anggota Kongres pada tahun 2012, memenangkan distrik wilayah Orlando dan menjadi anggota pendiri Kaukus Kebebasan sayap kanan di Capitol Hill. Seperti banyak tokoh konservatif di Kongres pada saat itu, dia mendorong perubahan pada Medicare dan Jaminan Sosial, termasuk satu langkah yang akan menaikkan usia pensiun menjadi 70 tahun.



2. Masuk ke Politik

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More